PENGARUH BENTUK TES FORMATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA DI SMP NEGERI 1KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON

WATINI, (2012) PENGARUH BENTUK TES FORMATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA DI SMP NEGERI 1KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360023_WATINI (07460837)__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

WATINI : Pengaruh Bentuk Tes Formatif terhadap Hasil Belajar Biologi ditinjau dari Jenis Kelamin Siswa di SMP Negeri 1 Kapetakan Kabupaten Cirebon. Guru adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas hasil belajar siswa, dan menghendaki agar setiap siswa memperoleh hasil belajar yang optimal. Akan tetapi, masalahnya masih banyak siswa mendapatkan hasil belajar yang kurang optimal. Khususnya dalam pembelajaran biologi. Hal seperti ini mendorong seorang guru untuk mengadakan perbaikan terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara yang digunakan oleh seorang guru mengadakan evaluasi untuk mengetahui pengaruh bentuk tes formatif terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari jenis kelamin siswa. Tes yang digunakan bentuk pilihan ganda dengan jenis yang berbeda yaitu pilihan ganda biasa dengan pilihan ganda alternatif. Tes Pilihan ganda biasa siswa dihadapkan pada suatu pernyataan atau pertanyaan yang berisi permasalahan dan sejumlah alternatif jawaban serta siswa harus memilih satu jawaban yang benar atau paling tepat. Sedangakan tes pilihan ganda alternatif pada pokoknya hampir sama dengan pilihan ganda biasa, namun pada bentuk ini cara menjawabnya lebih kompleks. Butir soal sejenis ini pada dasarnya sama dengan multiple choice item model melengkapi lima pilihan, yaitu terdiri atas satu kalimat pokok yang tidak (belum) lengkap, diikuti dengan beberapa kemungkinan jawaban (bisa merupakan lima pernyataan dan bisa pula merupakan empat pernyataan). Perbedaannya adalah bahwa pada butir soal jenis ini, kemungkinan jawaban betulnya bisa satu, dua, tiga, atau empat. Kedua jenis tes tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan populasi target secara purposive dipilih di kelas VIII SMP Negeri 1 Kapetakan Kabupaten Cirebon semester 1 tahun 2011/2012. Kemudian diambil sampel dengan teknik sample random sampling dan terpilihlah kelas VIII C sebagi kelas ekspermen 1 diberi perlakukan tes jenis pilihan ganda biasa dan VIII F sebagai kelas eksperimen 2 diberi perlakuan tes jenis pilihan ganda alternatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistika meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Anova two way. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji Anova two way pada taraf signifiksn 5% atau 0,05 dan diperoleh Fhitung 6,652 maka Ho ditolak dan Ha diterimah artinya terdapat pengaruh jenis kelamin siswa (laki-laki dan perempuan) terhadap hasil belajar biologi diperoleh dari nilai sig. 0,012 < 0,05 (). Dalam hal ini, hasil belajar biologi siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:29
Last Modified: 07 Jun 2017 03:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item