PENGARUH SISTEM BA’I BI AL-TAQSITH PERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PRODUKTIVITAS PELANGGAN (Pada UD. Dina Mas Rotan Desa Karangsari Kec. Weru Kab. Cirebon)

HERMAN SUDIN, (2012) PENGARUH SISTEM BA’I BI AL-TAQSITH PERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PRODUKTIVITAS PELANGGAN (Pada UD. Dina Mas Rotan Desa Karangsari Kec. Weru Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HERMAN SUDIN_07320139__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HERMAN SUDIN : “Pengaruh Sistem Ba’i Bi Al-Taqsith Persediaan Bahan Baku Terhadap Produktivitas Pelanggan (Pada UD. Dina Mas Rotan Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon)”. Diantara persoalan penting namun kurang diperhatikan oleh kalangan umat Islam baik yang pintar apalagi yang awam adalah masalah halal dan haram serta syubuhat saat mencari rizqi, baik dalam berkerja maupun dalam bermuamalah perniagaan “ba’i” padahal masalah ini adalah masalah yang sangat ditegaskan oleh Allah SWT, Rasulullah dan para ulama’ salaf. Seperti yang tersirat dalam firman Allah SWT, yaitu: “Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu.” (QS. Al-Baqarah: 172) Adapun yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya permasalahan yang dihadapi oleh pengusaha-pengusaha mebel rotan di wilayah Kabupaten Cirebon di dalam kegiatan proses produktivitas usahanya, karena sulitnya dan mahalnya persediaan bahan baku rotan untuk menunjang kegiatan produksi tersebut. Dengan mahalnya bahan baku seluruh modalnya hampir sebagian besar untuk membeli bahan baku saja. Sehingga tidak jarang pengusahapengusaha mebel rotan membeli persediaan bahan bakunya dengan cara tempo atau kredit kepada perusahaan suplayer bahan baku, salah satunya perusahaan dagang UD. Dina Mas Rotan, di dalam kegiatan bisnisnya selain menjual dengan cara tunai perusahaan juga menjual bahan baku dengan cara kredit “bai bi al-taqsit” yaitu menjual dengan pembayaran tertunda, dan dalam bentuk cicilan dalam waktu yang telah ditentukan sesuai dengan syari’at Islam . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem ba’i bi al- taqsith persediaan bahan baku terhadap produktivitas pelanggan di perusahaan dagang UD. Dina Mas Rotan dan menjelaskan kosep jual beli menurut pandangan Islam, serta untuk mengatuhui penilain dalam menganalisis persediaan bahan baku di perusahaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh pembeli atau konsumen (pelanggan) dari perusahaan dagang UD. Dina Mas Rotan dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 pelanggan dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sistem ba’i bi al-taqsith persediaan bahan baku memiliki nilai signifikasi 0,000 < 0,05 artinya signifikan dan thitung 11, 265 > ttabel 1,701 artinya signifikan. Jadi, dapat disimpulkan sistem ba’i bi al-taqsith persediaan bahan baku berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas pelanggan pada perusahaan dagang UD. Dina Mas Rotan Kabupaten Cirebon. Kata kunci: Sistem Ba’i bi Al-taqsith, Produktivitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:44
Last Modified: 06 Jun 2017 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item