Strategi UMKM Berbasis Budaya Pengembangan

Ridwan Widagdo, RW and Sri Rokhlinasari, SR (2019) Strategi UMKM Berbasis Budaya Pengembangan. CV. Elsi Pro, Cirebon. ISBN 978-602-1091-86-9

[img]
Preview
Text
Mohamad Rana (Editor).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Budaya pengembangan berpengaruh positif terhadap strategi diferensiasi. Budaya pengembangan memiliki nilai yang diikuti semua anggota perusahaan. Budaya pengembangan menjadikan organisasi secara internal berubah salah satunya adalah strategi. Hasil penelitian ini memperoleh bukti bahwa budaya pengembangan mempengaruhi strategi diferensiasi antara lain budaya yang memiliki karakteristik perusahaan yang sangat dinamis, enterpreunerial inovatif dalam pengembangan perusahaan. Berdasarkan nilai rata-rata terhadap indikator budaya pengembangan ternyata indikator bahwa pimpinan berkarakter entrepener, inovator dan pengambil resiko memiliki nilai rata-rata tertinggi artinya UMKM bertahan lebih karena memiliki pemimpin dengan karakteristik tersebut. Temuan ini mengkonfirmasi beberapa hasil penelitian sebelumnya bahwa budaya organisasi menentukan strategi. (Saxby et al., (2002); Gupta (2011) membuktikan terdapat perbedaan dari perusahaan industri yang memiliki budaya organisasi dengan strategi yang digunakan; Budaya adokratik meningkatkan pengembangan produk baru (Naranjo-Valencia et al., 2010). Budaya adokratik meningkatkan pengembangan strategi inovasi, budaya hirarki berhubungan dengan strategi imitasi (Naranjo-Valencia et al., 2011).

Item Type: Book
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Apr 2019 09:25
Last Modified: 15 Apr 2019 09:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3130

Actions (login required)

View Item View Item