PENGARUH PENDEKATAN MORAL REASONING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 CIWARINGIN

Mariatul Qibtiyah, (2012) PENGARUH PENDEKATAN MORAL REASONING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 CIWARINGIN. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360025_Mariatul Qibtiyah__OK.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Mariatul Qibtiyah, Pengaruh Pendekatan Moral Reasoning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 1 Ciwaringin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lingkungan yang semakin memburuk. Selain itu, kegiatan pembelajaran biologi di sekolah kurang memberikan perhatian terhadap aspek afektif. Kegiatan pembelajaran sebagai wujud nyata pendidikan diharapkan dapat melahirkan generasi yang memiliki sikap ilmiah. Pendidikan nilai dianggap dapat meningkatkan sikap positif siswa terhadap lingkungan, yaitu sikap bertanggungjawab untuk mau melestarikan lingkungan. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah : 1) bagaimanakah penggunaan pendekatan moral reasoning pada pembelajaran biologi?, 2) seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan moral reasoning pada pembelajaran biologi?, dan 3) apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan moral reasoning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan penanaman nilai dengan menggunakan pendekatan moral reasoning, untuk mengkaji peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi menggunakan pendekatan moral reasoning, serta untuk mengkaji pengaruh pendekatan moral reasoning terhadap hasil belajar siswa. Tahap penelitian yang ditempuh adalah menentukan lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 1 Ciwaringin Cirebon. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 36 siswa dan VII B yang berjumlah 39 siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 345 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Lembar Observasi, Tes Tertulis, dan Skala Sikap dianalisis dengan uji validitas (Pearson Product Moment), uji reabilitas (Alpha), uji normalitas (Kolmogorov Smirnov), uji homogenitas (ANOVA), uji gain (Meltzer), serta uji hipotetis (t-test one sample related). Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan moral reasoning mengalami peningkatan dengan indeks gain sebesar 0.59. Sikap siswa terhadap lingkungan menunjukkan rata-rata hasil yang baik yaitu 85%. Uji hipoteis yang dilakukan menunjukkan penolakan terhadap Ho. Berdasarkan hasil perhitungan One Sample Related ttest, diketahui bahwa nilai thitung = 0.388 > nilai ttabel = 0.349, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, terdapat pengaruh pendekatan moral reasoning yang signifikan terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:04
Last Modified: 07 Jun 2017 03:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item