Pertimbangan Guru dalam Memilih Buku Paket Siswa di MTsN I dan MAN I Kota Cirebon

Edy Waloyo, EW and Farouk Imam Arrasyid, FIA (2019) Pertimbangan Guru dalam Memilih Buku Paket Siswa di MTsN I dan MAN I Kota Cirebon.

[img]
Preview
Text
Artikel Edy Waloyo Pertimbangan Guru dalam memilih buku teks.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Buku Teks adalah sumber belajar utama dalam proses pembelajaran di sekolah karena belum tersedianya fasilitas pendukung yang baik untuk mengakses sumber belajar secara online. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pertimbangan guru dalam memilih buku teks bahasa inggris yang berkualitas berdasarkan profil, konten dan kesesuain dengan kurikulum. Sampel penelitian ini adalah empat guru yang berasal dari MTsN 1 dan MAN 1 Kota Cirebon. Pendekatan yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para guru memiliki pertimbangan yang positif dalam memilih buku teks. Mereka mempertimbangkan kebutuhan siswa, keseuain materi dengan agama, budaya lingkungan, dan yang terakhir adalah dengan KI dan KD dalam silabus. Hasil penelitian ini diharapkan mempu memperkaya pengetahuan pembaca dan para guru dalam memilih buku teks yang berkualitas baik. Kata kunci: buku teks, sumber belajar, pertimbangan guru,kebutuhan siswa

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 3. Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Jun 2019 07:45
Last Modified: 14 Jun 2019 08:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3156

Actions (login required)

View Item View Item