THE CONCEPTION OF BUSINESS ETHICS IN AL-QUR'AN

Abdul Aziz, AZ (2013) THE CONCEPTION OF BUSINESS ETHICS IN AL-QUR'AN. Online at https://mpra.ub.uni-muenchen.de/88126/ MPRA Paper No. 88126, posted 23 July 2018 13:37 UTC.

[img]
Preview
Text
Konsepsi_EBI_MPRA_paper_88126.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

Jika dalam sistem ekonomi konvensional yang berkembang dewasa ini mempunyai landasan filosofis Smithian dan Marxian, maka dalam sistem ekonomi Islam menawarkan etika bisnis bagi pendorong bangkitnya roda ekonomi berdasarkan pada etika qur’ani. Filosofi dasar yang menjadi catatan penting bagi bisnis Islami adalah bahwa, dalam setiap gerak langkah kehidupan manusia adalah konsepi hubungan manusia dengan mansuia, lingkungannya serta manusai dengan Tuhan (Hablum minallah dan hablum minannas). Dengan kata lain bisnis dalam Islam tidak semata mata merupakan manifestasi hubungan sesama manusia yang bersifat pragmatis, akan tetapi lebih jauh adalah manifestasi dari ibadah secara total kepada sang Pencipta.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:38
Last Modified: 04 Jul 2019 08:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item