PERANAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) PERAMBABULAN AL-QOMARIYAH DALAM MEMBERDAYAKAN PERDAGANGAN USAHA KECIL (Di Desa Babadan Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon)

LUTFIYAH RIJMA HANNA, (2012) PERANAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) PERAMBABULAN AL-QOMARIYAH DALAM MEMBERDAYAKAN PERDAGANGAN USAHA KECIL (Di Desa Babadan Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LUTFIYAH RIJMA HANNA_58320244__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

LUTFIYAH RIJMA HANNA : PERANAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) PERAMBABULAN ALQOMARIYAH DALAM MEMBERDAYAKAN USAHA KECIL DI DESA BABADAN KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) juga mempunyai peran atau ikut serta dalam pemberdayaan usaha kecil. Sebagian besar usaha kecil memiliki masalah dengan modal usaha dan sumber daya manusia yang kurang memadai. Akan tetapi koperasi itu sendiri tidak bisa memberikan bantuan dalam bentuk apapun sebelum usaha–usaha kecil tersebut menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. Rumusan masalahnya ini adalah bagaimana gambaran Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS), bagaimana gambaran usaha kecil yang ada di sekitar Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS), dan bagaimana peranan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) dalam mengelola pembiayaan musyarakah terhadap pembaerdayaan perdagangan usaha kecil. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Perambabulan Al-Qomariyah, gambaran usaha kecil yang ada di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Perambabulan Al-Qomariyah dan perananpembiayaan musyarakah yang ada di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Perambabulan Al- Qomariyah dalam memberdayakan perdagangan usaha kecil. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan dengan pemberdayaan perdagangan usaha kecil. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang menggunakan produk pembiayaan musyarakah di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Perambabulan Al-Qomariyah. Dengan menggunakan rumus slovin, sampel dalam penelitian ini adalah 38 orang yang menggunakan produk pembiayaan musyarakah di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Perambabulan Al- Qomariyah. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas X berperan signifikan terhadap memberdayakan perdagangan usaha kecil. Seperti hasil dari perhitungan uji t, bahwa thitung (3,329) > dari ttable (2,045) sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5% atau 0,05, Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji t ini membuktikan bahwa semua variabel independen (pembiayaan musyarakah di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) ) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu memberdayakan perdagangan usaha kecil . Artinya menurut para nasabah, variabel independen tersebut dianggap penting ketika dalam memberdayakan perdagangan usaha kecil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:09
Last Modified: 06 Jun 2017 06:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item