PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU DI SMA NEGERI 1 ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

HASAN BISRI, (2012) PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU DI SMA NEGERI 1 ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360027_HASAN BISRI (07460859)__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HASAN BISRI :“Pengaruh Penerapan Keterampilan Bertanya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Bahasan Hakikat Biologi Sebagai Ilmu di SMA Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon” Penelitian ini dilatarbelakangi adanya indikasi bahwa masih banyak guru yang belum secara optimal menguasai dan menerapkan keterampilan bertanya dalam kegiatan belajar mengajar, selain itu proses pembelajaran berjalan secara teoritis dan penyampaiannya menggunakan metode yang monoton, sehingga kebanyakan siswa kurang tertarik dengan materi yang diajarkan dan siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, yang pada gilirannya minat dan motivasi serta hasil belajar siswa cenderung menurun. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimal. Hasil pengamatan awal ketuntasan belajar siswa hanya mencapai kurang dari 60 %. Ketidaktuntasan hasil belajar siswa ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu keterampilan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan keterampilan bertanya dan mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan penerapan keterampilan bertanya dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah serta maengetahui perbedaan pengaruh penerapan keterampilan bertanya terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon, subyek penelitian berjumlah 74 siswa, yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Analisis angket keterampilan bertanya dengan melihat hasil jawaban siswa yang kemudian dideskripsikan. Sedangkan untuk hasil belajar analisis data yang digunakan adalah Uji validitas, Uji reliabilitas dan Uji t. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil (1) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dikelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 4,36 dan rata-rata postes sebesar 7,97 sedangkan di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata pretes sebesar 4,18 dan nilai rata-rata postes sebesar 6,18 hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan dikelas eksperimen. (2) Penerapan keterampilan bertanya di kelas X SMAN 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon tersebut dapat menunjang peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Dari peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat terlihat bahwa penerapan keterampilan bertanya cukup efektif. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai sig. = 0,000 < 0,05 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan. Hal tersebut berarti Ha di terima yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara penerapan keterampilan bertanya dengan hasil belajar siswa. (3) respon siswa terhadap penerapan keterampilan bertanya sangat baik karena sebagian besar komponen-komponen keterampilan bertanya dasar dan lanjut sudah diterapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:09
Last Modified: 06 Jun 2017 04:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item