PENERAPAN PENDEKATAN PROSES KELOMPOK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN JAMUR KELAS X DI MA ISLAMIC CENTRE CIREBON

E. FEBRY RISMAN P, (2012) PENERAPAN PENDEKATAN PROSES KELOMPOK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN JAMUR KELAS X DI MA ISLAMIC CENTRE CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360028_E. FEBRY RISMAN PRAMANA__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

E. FEBRY RISMAN P. NIM 07460848. PENERAPAN PENDEKATAN PROSES KELOMPOK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN JAMUR KELAS X DI MA ISLAMIC CENTRE CIREBON Penerapan pendidikan dalam kehidupan tidak terlepas dari proses belajar mengajar, yang di dalamnya melibatkan guru sebagai pengajar. Peran guru dalam proses belajar mengajar tidak hanya terpaku pada penyampaian informasi, tetapi juga harus bisa menjadi fasilitator yang memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam menggali informasi yang mereka tangkap selama proses pembelajaran terjadi. Oleh karena itu, hendaknya guru harus lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan manajemen kelasnya dan juga dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif, sehingga proses belajar mengajar tidak monoton dan hasil belajar menjadi optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji peningkatan hasil belajar siswa di kelas yang menerapkan pendekatan proses kelompok menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw pada pokok bahasan jamur, (2) mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan pendekatan proses kelompok menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw dengan kelas yang menerapkan metode ceramah pada pokok bahasan jamur, dan (3) mengkaji respon siswa terhadap penerapan pendekatan proses kelompok menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw pada pokok bahasan jamur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Islamic Centre Cirebon dengan sampel 2 kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol, dimana masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas yang menerapkan pendekatan proses kelompok menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw pada pokok bahasan jamur, hal ini dilihat berdasarkan hasil uji Mann-Whitney yang menunjukkan 0,000 pada nilai signifikansi atau Sig (2- tailed), (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menerapkan pendekatan proses kelompok menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw dengan kelas yang menerapkan metode ceramah pada pokok bahasan jamur, hal ini dilihat dari hasil uji Independent Samples T Test yang menunjukkan nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,000. Apabila dibandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), dengan demikian berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dan (3) respon siswa terhadap penerapan pendekatan proses kelompok menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw pada pokok bahasan jamur dikategorikan kuat, hal ini dilihat dari hasil prosentase rata-rata sebesar 68,3% siswa menjawab setuju. Dengan kata lain, sebagian besar siswa merasa senang dengan diterapkannya pendekatan proses kelompok menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : pendekatan proses kelompok, metode jigsaw, hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:11
Last Modified: 06 Jun 2017 03:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item View Item