PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI MTs NEGERI KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU

KIKI UTAMI, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI MTs NEGERI KARANGAMPEL KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360029_KIKI UTAMI__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KIKI UTAMI : Penerapan Metode Pembelajaran Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Ekosistem di MTs Negeri Karangampel Kabupaten Indramayu. Pembimbing I Dr. Anda Juanda, M.Pd Pembimbing II Asep Mulyani, M.Pd Belajar dan mengajar merupakan konsep yang tidak dapat dipisahkan. Siswa merupakan subjek dalam proses pembelajaran, apabila pelajaran yang disampaikan oleh guru kurang menarik dan membosankan, maka guru dituntut untuk bisa menghidupkan kembali semangat siswa untuk terus belajar. Sebagian siswa menganggap bahwa biologi merupakan salah satu pelajaran yang sulit dan membosankan, hal ini dikarenakan banyak sekali kata-kata atau istilah penting seperti ekosistem, populasi, komunitas, individu dan lain sebagainya yang harus dipahami oleh siswa. Banyaknya istilah penting tersebut tentunya memberatkan siswa dalam memahami materi, sehingga guru dituntut untuk menggunakan metode yang inovatif dalam pembelajarannya, tidak hanya menggunakan metode konvensional atau ceramah yang hanya menghasilkan siswa yang cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan metode word square pada pokok bahasan ekosistem, mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode pembelajaran word square dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran word square pokok bahasan ekosistem, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran word square pokok bahasan ekosistem. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui tes, observasi dan angket. Hasil dari penelitian ini yaitu Penerapan metode pembelajaran word square memberikan perbedaan peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah N-gain, dimana N-gain kelas eksperimen memperoleh rata-rata 0,37 termasuk kedalam kriteria sedang, sedangkan N-gain kelas kontrol memperoleh rata-rata 0.24 termasuk kedalam kriteria rendah. Hal ini diperkuat dengan analisis menggunakan SPSS, dimana uji mann whitney menunjukkan nilai sig. 0,00 > 0,05 yang artinya terjadi perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pokok bahasan ekosistem di MTs Negeri Karangampel Kabupaten Indramayu. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran menggunakan metode word square yang dilakukan dengan 2 kali pengamatan terdapat peningkatan yang signifikan yaitu dari 13,34 dengan interpretasi sedang meningkat menjadi 15,24 dengan interpretasi tinggi. Respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran word square pada pokok bahasan ekosistem termasuk kedalam kriteria kuat, hal ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata respon siswa yaitu sebesar 79%. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Word Square, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:13
Last Modified: 06 Jun 2017 06:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item