PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALKWRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NU GEBANG

SITI UUN SUNDUSSIYAH, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALKWRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NU GEBANG. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360031_SITI UUN SUNDUSSIYAH__OK.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

SITI UUN SUNDUSSIYAH : Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk- Write (TTW) Untuk meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem di Kelas VII SMP NU Gebang. Proses belajar mengajar merupakan hubungan timbal balik antara guru dengan peserta didik, kegiatan belajar akan berjalan dengan baik dan kondusif apabila guru dapat menyampaikan materi dengan metode pembelajaran yang tidak membosankan dan dapat membuat siswa menjadi lebih akif di kelas dan kreatif. Di SMP NU Gebang tampak bahwa masih ada sebagian guru yang proses pembelajarannya cenderung pada penyampaian target materi kurikulum, mementingkan menghafal konsep bukan pada pemahaman, dan siswa tidak diberi pembelajaran secara langsung dan melatih siswa untuk menggali pengetauannya dengan adanya lingkungan sekitar. Permasalahan dari skripsi ini adalah seberapa besar peningkatan keterampilan berfikir kreatif siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada pembelajaran biologi pokok bahasan Ekosistem di kelas VII SMP NU Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Ekosistem melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas VII SMP NU Gebang, tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini mengunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan model pemelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan kelas control dengan metode ekspositori atau ceramah.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B masing-masing berjumlah 27 siswa, dan pengambilan sampelnya dengan teknik sample random Sampling. Alat instrumen nya berupa tes pilihan ganda dan angket. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil sebaran angket sikap siswa sangat kuat terhadap model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) yaitu sebesar 60%. Sedangkan nilai keterampilan berfikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih tinggi yaitu dengan rata-rata N-gain 0,54 (sedang) sedangkan kelas kontrol atau kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) mendapatkan rata-rata N-gain 0,22 (rendah). Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berfikir kreatif yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Sehingga model pembelajaran Think-Talk-Write baik digunakan untuk proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:17
Last Modified: 07 Jun 2017 02:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item