PENGGUNAAN MEDIA VISUAL BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN (Studi Eksperimen di Kelas VIII dengan Menggunakan Media Komik/Kartun)

ESTI SITI MUTIAH, (2012) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN (Studi Eksperimen di Kelas VIII dengan Menggunakan Media Komik/Kartun). Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360033_ESTI SITI MUTIAH__OK.pdf

Download (48MB) | Preview

Abstract

ESTI SITI MUTIAH ”PENGGUNAAN MEDIA VISUAL BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 JALAKSANA KABUPATEN KUNINGAN (Studi Eksperimen di Kelas VIII dengan Menggunakan Media Komik/Kartun)”. Sebagian konsep-konsep yang tercantum dalam IPA, khususnya dalam Biologi masih bersifat abstrak, sehingga siswa kesulitan untuk memahaminya. Penggunaan media pembelajaran khususnya media visual akan membantu pemahaman siswa terhadap konsep-konsep biologi yang masih absrak. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dilakukan di SMP Negeri 2 Jalaksana Kabupaten Kuningan. Dengan sampel yang terdiri dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan Kelas VIII B sebagai kelas control sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik meliputi uji frekuensi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis). Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media visual berwarna sebesar 44,42 dengan kategori sedang, hasil belajar yang tidak menggunakan media visual berwarna sebesar 24,50 dengan kategori kurang, perbedaan kelas eksperimen dan kontrol sebesar nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, dan Ha diterima dan respon siswa terhadap penggunaan media visual berwarna untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep fotosintesis di kelas VIII di SMP Negeri 2 Jalaksana Kabupaten Kuningan, hal ini dapat dilihat dari nilai skor terbesar 60,4% siswa menjawab sangat setuju. Kata Kunci : Media Visual Berwarna dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:22
Last Modified: 06 Jun 2017 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item