PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs N KARANGAMPEL PADA POKOK BAHASAN PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN

HARIST AHMAD MAULANA HAQUE, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs N KARANGAMPEL PADA POKOK BAHASAN PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360036_HARIST AHMAD MAULANA HAQUE__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HARIST A.M.H : “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs N Karangampel Pada Pokok Bahasan Peran Manusia Dalam Pengelolaan Lingkungan” Pembelajaran yang paling efektif adalah pembelajaran yang dapat memfasilitasi untuk berkomunikasi baik antara guru dengan siswa, maupun antar sesama siswa , oleh karenanya dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat komunikasi tersebut dapat tercipta agar dapat meningkatkan pemahaman siswa dan diharapkan dapat memaksimalkan hasil belajar, salah satu model pembelajaran yang tepat adalah model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) untuk diterapkan kedalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan peran manusia pada pengelolaan lingkungan yang diajarkan dikelas VII MTs N Karangampel. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajarn Learning Together (LT) dan yang tidak menggunakannya, mengkaji aktifitas siswa dalam pembelajaran dan mengkaji respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran pada pokok bahasan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Penelitian yang dilakukan di MTs N Karangampel ini menggunakan metode eksperimen, dengan sampel yang terdiri dari Kelas VIID dan Kelas VIIE dengan jumlah sebanyak 66 siswa. Kelas VII D adalah sebagai kelas eksperimen sedangkan Kelas VII E adalah sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, tes dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan menggunakan software SPSS v.16 meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (hipotesis). Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan di kelas eksperiment dibuktikan dengan uji t paired sample test dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 sehingga Ha diterima, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan kelas yang menggunakan dan yang tidak menggunakan model pembelajaran Learning Together (LT)dengan hasil uji t yaitu 0,000, aktifitas siswa berjalan sangat baik ditunjukan dari hasil observasi yaitu 3,10 yang dikategorikan sangat baik, respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Learning Together (LT) 46,9% responden merespon baik dengan adanya penerapan model pembelajaran Learning Together (LT) yang telah digunakan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif , Learning Together (LT), Peningkatan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:27
Last Modified: 06 Jun 2017 04:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item