ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEBIJAKAN PEMBIAYAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KSU BMT SYIRKAH MUAWANAH TEGAL

Nailisy Syifa, (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEBIJAKAN PEMBIAYAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KSU BMT SYIRKAH MUAWANAH TEGAL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NAILISY SYIFA_58320199__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nailisy Syifa :Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Kebijakan Pembiayaan dan Dampaknya terhadap Pembiayaan Bermasalah (Pada KSU BMT Syirkah Muawanah Tegal Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh karakter, tujuan kredit, prospek, capital, colleteral di KSU BMT Syirkah Muawanah, dan untuk mengetahui dampak secara bersama-sama karakter, tujuan kredit, prospek, capital, colleteral terhadap pembiayaan bermasalah di BMT Syirkah Muawanah. Pada penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di KSU BMT SM yang berjumlah 30 orang. Oleh karena populasi kurang dari 100, maka sampel yang digunakan adalah keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi pustaka, dan kuisioner. Sebelum melakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan ujicoba instrumen untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas. Kemudian data tersebut ditransformasikan dan di uji normalitas agar dapat diketahui apakah data berdistribusi normal. Setelah itu bisa dilakukan uji regresi ganda, uji t, dan uji F serta koefisien determinasi. Diketahui pengaruh variabel faktor karakter terhadap kebijakan pembiayaan secara parsial sebesar -39,7%. Diketahui pengaruh variabel faktor tujuan terhadap kebijakan pembiayaan secara parsial sebesar 39,1%. Diketahui pengaruh variabel faktor prospek usaha terhadap kebijakan pembiayaan secara parsial sebesar 13,2%.. Diketahui pengaruh variabel faktor modal terhadap kebijakan pembiayaan secara parsial sebesar 34,5%. Diketahui pengaruh variabel faktor jaminan terhadap kebijakan pembiayaan secara parsial sebesar 10,7%.. Diketahui pengaruh variabel karakter, tujuan, prospek usaha, modal dan jamiana secara simultan sebesar 77,7. Yang berarti pengaruh variabel karakter, tujuan, prospek usaha, modal dan jamiana berpengaruh secara signifikan terhadap pembiayaan bermasalah. Sedangkan besarnya pengaruh variabel – variabel lain terhadap pembiayaan bermasalah sebesar 22,3%.. Diketahui pengaruh kebijakan pembiayaan terhadap pembiayaan bermasalah sebesar 78,0%, sedangkan dari analisis determinasi, menunjukan bahwa kebijakan pembiayaan memberikan kontribusi sebesar 60,8% terhadap pembiayaan bermasalah, artinya terdapat pengaruh yang kuat antara kebijakan pembiayaan dan pembiayaan bermasalah. Kata Kunci: Karakter, Tujuan, Prospek Usaha, Modal, Jaminan, Kebijakan Pembiayaan, Pembiayaan Bermasalah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:30
Last Modified: 07 Jun 2017 01:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item