ANALISIS POLA PERTANYAAN GURU BIOLOGI DI SMAN 1 LEMAHABANG

IMA RIMAWATI, (2012) ANALISIS POLA PERTANYAAN GURU BIOLOGI DI SMAN 1 LEMAHABANG. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360038_IMA RIMAWATI. 58461262__ok.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

IMA RIMAWATI : “Analisis Pola Pertanyaan Guru Biologi Di SMAN 1 Lemahabang” Keterampilan bertanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, yang sekaligus merupakan bagian dari keberhasilan dalam pengelolaan kelas. Melalui keterampilan bertanya guru mampu mengetahui hambatan proses berpikir di kalangan siswa dan sekaligus dapat memperbaiki dan meningkatkan proses belajar di kalangan siswa. Keterampilan bertanya sangat perlu dikuasai guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, karena hampir dalam setiap pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan, dan kualitas pertanyaan yang diajukan guru akan menentukan kualitas jawaban peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui profil guru Biologi yang baik dalam keterampilan mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran di SMAN 1 Lemahabang. (2) Untuk mengetahui pola pengembangan pertanyaan guru Biologi berdasarkan tahapan – tahapan dalam pembelajaran di SMAN 1 Lemahabang. (3) Untuk mengetahui pola pengembangan pertanyaan guru Biologi dalam pembelajaran berdasarkan kategorisasi jenis pertanyaan di SMAN 1 Lemahabang. (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap keterampilan guru Biologi dalam mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran di SMAN 1 Lemahabang. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, lembar observasi, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian ini adalah seorang guru Biologi dengan cara wawancara. Setelah data diperoleh dan dianalisis menggunakan hasil rekaman, mengorganisasikan data, mentranskipkan data, pengelompokan berdasarkan jenis kategori, koding dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukkna bahwa sebagai pengajar memiliki keterampilan bertanya dan mengungkapkan pertanyaan dengan baik dan sesuai dengan komponen-komponen dalam bertanya, dalam tahapan-tahapan pembelajaran pada kegiatan awal pertanyaan banyak diajukan dengan presentase 58 %, sedangkan pola pertanyaan yang paling banyak diajukan berdasarkan kategori jenis pertanyaan masing-masing menurut Taksonomi Bloom yaitu pertanyaan Ingatan (C1), menurut Guilford yaitu pertanyaan Kognitif, Menurut Maksudnya yaitu pertanyaan Menggali (Probing Question) (PbQ)). dan menurut Mental Operation Question yaitu pertanyaan Produktif, dengan keterampilan bertanya yang dimiliki guru mendapatkan respon yang baik, hal ini terlihat dari hasil angket 44,8 % siswa menyatakan sangat setuju. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa guru harus mengajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik, termasuk tingkat pertanyaan yang mereka gunakan harus tepat sesuai dengan tahapan-tahapan dalam pembelajaran dan berdasarkan kategori jenis pertanyaan dalam mengajukan pertanyaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:34
Last Modified: 07 Jun 2017 01:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item