PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEB BLOG MENGGUNAKAN MODEL ADDIE PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 CIREBON

FARIZ MARZUKI, (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WEB BLOG MENGGUNAKAN MODEL ADDIE PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X MAN 2 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360039_FARIZ M__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

FARIZ MARZUKI : “Pengembangan Media Pembelajaran Web blog Menggunakan Model ADDIE Pada Materi Ekosistem Di Kelas X MAN 2 Kota Cirebon” Media merupakan sebagai bagian integral sistem pembelajaran maka kedudukannya tidak dapat dipisahkan dan berpengaruh terhadap jalannya pembelajaran. Atau dengan kata lain, kegiatan pembelajaran tidak akan berlangsung dengan baik tanpa media pembelajaran yang sesuai. Di MAN 2 Kota Cirebon dalam melaksanakan pembelajaran, guru tidak memanfaatkan sumber belajar yang tersedia dan mudah digunakan. Akibatnya, pembelajran bersifat verbal dimana guru memberikan ceramah secara terus menerus kepada siswa dikelas. Pengembangan media pembelajaran dapat menjadi salah satu cara untuk menjadikan pembelajaran berlangsung baik. Pengembangan media memungkinkan terciptanya media pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui karakteristik pengembangan media pembelajaran Web blog dengan model ADDIE, 2) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Web blog dengan model ADDIE pada materi Ekosistem yang dikembangkan, 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Web blog. Metode yang digunakan adalah eksperimen dan kontrol dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 272 siswa kelas X MAN 2 Kota Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Setelah data diperoleh dianalisis, menggunakan persentase, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran web blog yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yaitu dengan tahapan Analisis, Desain, Pembuatan produk, Uji coba, dan Evaluasi. Dan efektivitas media web blog dapat dilihat dari Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 61,53% berbanding 47,37%. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa eksperimen lebih tinggi disbanding hasil belajar siswa kelas kontrol. Adanya perbedaan tersebut dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran web blog pada materi ekosistem. Dan respon siswa terhadap media pembelajaran web blog diperoleh sebesar 70%. dan termasuk dalam kategori kuat. Artinya bahwa pengembangan media pembelajaran web blog pada materi ekosistem sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:38
Last Modified: 06 Jun 2017 03:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item