PENERAPAN PENILAIAN KINERJA PADA PRAKTIKUM BIOLOGI DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI SMP MUHAMMADIYAH 1 CIREBON

FITRI SUPATMI, (2012) PENERAPAN PENILAIAN KINERJA PADA PRAKTIKUM BIOLOGI DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP DI SMP MUHAMMADIYAH 1 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360039_FITRI SUPATMI__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

FITRI SUPATMI : ”Penerapan Penilaian Kinerja pada Praktikum Biologi dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Sub Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di SMP Muhammadiyah 1 Cirebon” Penelitian ini bertujuan mengembangkan asesmen kinerja untuk mengukur kinerja dalam melaksanakan praktikum IPA Biologi di SMP Muhammadiyah 1 Cirebon. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti prinsip kerja penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Ection Research. Pelaksanaan PTK melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan tidakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dasar pemikiran dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan penilaian kinerja dalam menilai hasil praktikum siswa dengan penerapan penilaian kinerja. Penilia kinerja adalah tindakan atau praktek berdasarkan hasil pengamatan penilaian terhadap aktivitas siswa sebagaimana yang terjadi. Dari persoalan tersebut penulis tertarik untuk malakukan suatu tindakan yaitu dengan memberikan suatu penilaian kinerja dengan alternatif asesmen kinerja untuk menilaian hasil belajar siswa sebagai proses kegiatan belajarnya dan membantu guru dalam pencapaian target kurikulum dan kompetensi dasar hasil praktikum. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Cirebon yang berjumlah 29 siswa, yang terdiri atas 11 siswi dan 18 siswa. Subjek penelitian ini heterogen berdasarkan kemampuan yakni ada yang mempunyai kemampuan tinggi, sedang, rendah dah sangat rendah, tetapi kemampuan interaksi cukup baik, Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Berdasarkan data yang diperoleh dalam peneliti bahwa penerapan penilaian kinerja praktikum dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang telah diterapkan sudah efektif dalam hal menilai kegiatan praktikum dilihat dari hasil kegiatan praktikum nilai observasi siswa pada siklus pada I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 2 (sedang) dan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata sebesar 2,9 (baik). 2) Hasil belajar siswa dalam belajar biologi mengalami peningkatan pada saat proses belajar mengajar langsung yang dapat dilihat dari hasil tes kognitif siswa setiap siklusnya yaitu hasil tes rata-rata kelas siklus I 55% dan siklus II 69% mengalami kenaikan hasil belajar siswa sebesar 11,29 %. 3) dan dari Respon siswa setelah diterapakan penilaian kinerja praktikum untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenai konsep pertumbuhan dan perkembangan termasuk dalam katagori cukup baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:42
Last Modified: 23 Feb 2017 12:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item