PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH DAN ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP AL WASHLIYAH SUMBER KABUPATEN CIREBON

ANITA S HASKE, (2012) PENGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH DAN ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP AL WASHLIYAH SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360040_ANITA SUGIANSIH HASKE__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANITA S HASKE : Penggunaan Media Adobe Flash dan Adobe Captivate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan Di Kelas VII SMP Al Washliyah Sumber Cirebon. Proses kegiatan belajar mengajar tidak pernah lepas dari interaksi antara guru dengan siswa. Tujuan dari interaksi ini adalah untuk mencari makna bersama yaitu penguasaan materi pembelajaran. Interaksi tersebut dapat dibantu dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penggunaan media tersebut adalah sebagai pembawa pesan atau informasi kepada siswa. Keberhasilan guru dalam menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswa. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media adobe flash di kelas eksperimen 1 dan media adobe captivate di kelas eksperimen 2. Dengan penggunaan media ini diharapkan hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran dapat diminimalisir dan pada akhirnya hasil belajar siswa akan lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas eksperimen 1 dan di kelas eksperimen 2, (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media adobe flash dan adobe captivate, (3) Untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap penggunaan media adobe flash di kelas eksperimen 1 dan media adobe captivate di kelas eksperimen 2. Penggunaan media ini merupakan cara untuk membantu proses penyimpanan informasi dalam jangka panjang. Media ini juga banyak memiliki keunggulan. Selain praktis, media ini juga memadukan antara media audio dengan visual dan animasi sehingga akan memotivasi siswa untuk belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan tes, yaitu pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, dengan sampel sebanyak dua kelas yang diambil secara Simple Random Sampling. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Independent T-test (uji t), karena sebaran data berdistribusi normal. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media adobe flash lebih baik dari siswa yang menggunakan media adobe captivate. Aktivitas yang mendukung kegiatan pembelajaran selama proses KBM berlangsung selalu lebih besar dibandingkan aktivitas yang tidak mendukung kegiatan pembelajaran pada setiap pertemuan baik di kelas eksperimen 1 maupun di kelas eksperimen 2. Persepsi siswa terhadap penggunaan media adobe flash di kelas eksperimen 1 termasuk dalam kategori sangat kuat, yaitu siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan media tersebut dalam pembelajaran biologi dan Persepsi siswa terhadap penggunaan media adobe captivate di kelas eksperimen 2 termasuk dalam kategori sangat kuat, yaitu siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan media tersebut dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci : Media Adobe Flash, Media Adobe Captivate, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:25
Last Modified: 06 Jun 2017 01:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item