PERANAN MODAL SENDIRI TERHADAP PROFITABILITAS KOPERASI ( Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Marsol Abadi Indonesia Di Cikarang Selatan, Bekasi )

NUR JAZILAH, (2012) PERANAN MODAL SENDIRI TERHADAP PROFITABILITAS KOPERASI ( Studi Kasus Pada Koperasi Karyawan Marsol Abadi Indonesia Di Cikarang Selatan, Bekasi ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURJAZILAH_58320250__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NUR JAZILAH : “PERANAN MODAL SENDIRI TERHADAP PROFITABILITAS KOPERASI” (Studi Kasus pada Koperasi Karyawan Marsol Abadi Indonesia di Cikarang Selatan, Bekasi) koperasi adalah “ suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan-badan yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota, dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha, untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya. Setiap lembaga untuk menjalankan usahanya pasti membutuhkan modal. Modal dapat berupa kekayaan yang menunjang kegiatan usaha koperasi, dimana kekayaan tersebut digunakan dalam aktivitas koperasi sehari-hari, modal seperti ini disebut modal kerja oleh karena itu modal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan laba sesuai dengan tujuan perusahaan. Permasalahan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana mekanisme permodalan di koperasi karyawan Marsol Abadi Indonesia ? 2) Bagaimana gambaran profitabilitas koperasi karyawan Marsol Abadi Indonesia? 3) Bagaimana peranan modal sendiri terhadap profitabilitas koperasi karyawan marsol Abadi Indonesia ?. sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui mekanisme permodalan sendiri koperasi. Untuk mengetahui gambaran profitabilitas koperasi. Untuk menganalisis seberapa besar peranan modal sendiri terhadap profitabilitas koperasi karyawan Marsol Abadi Indonesia di Cikarang Selatan, Bekasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data dan wawancara/interview. Wawancara dengan bendahara koperasi karyawan Marsol Abadi Indonesia tentang permodalan khususnya modal sendiri dari tahun 2008-2011 dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, regresi, koefisien determinasi, dan uji t. Untuk itu dapat diketahui bahwa mekanisme permodalan koperasi berasal dari simpanan anggota (modal sendiri) merupakan sumber modal bagi koperasi, baik dalam bentuk aktiva lancar maupun aktiva tetap. Keseluruhan aktiva yang tertanam dalam operasi perusahaan akan menghasilkan laba usaha (Operating Income) disisi lain profitabilitas merupakan suatu kesatuan usaha (entity) untuk memperoleh laba. Berdasarkan perhitungan dengan menggunkan korelasi product moment. Peranan modal sendiri terhadap profitabilitas koperasi terdapat hubungan yang signifikan, dengan nilai korelasi 0,973 yang berarti terdapat peranan yang sangat kuat antara modal sendiri terhadap profitabilitas koperasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:46
Last Modified: 06 Jun 2017 07:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item