ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH PADA NASABAH BMT AL-FALAH CABANG KALITANJUNG KOTA CIREBON

RIYANTI NUR SHOBAH, (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH PADA NASABAH BMT AL-FALAH CABANG KALITANJUNG KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIYANTI NUR SHOBAH_58320253__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

RIYANTI NUR SHOBAH : “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Pada Nasabah BMT Al- Falah Cabang Kalitanjung Kota Cirebon ” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi nilai pelanggan, kualitas pelayanan dan kedekatan emosional berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Al-Falah Cabang Kalitanjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan datanya melalui penyebaran angket yang ditujukan kepada nasabah BMT Al-Falah Cabang Kalitanjung. Sampel dari nasabah BMT Al-Falah Cabang Kalitanjung sebanyak 50 responden. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 5.508 + 0.271X1 + 0.325X2 + 0.548X3 yang berarti bahwa ketiga variabel X tersebut memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal, koefisien nilai pelanggan memberikan nilai 0.271, kualitas pelayanan 0.325 dan kedekatan emosional 0.548 yang berarti bahwa jika nilai pelanggan, kualitas pelayanan, dan kedekatan emosional semakin baik maka nasabah akan semakin loyal. Setelah diketahui nilai Fhitung 15.401 dan Ftabel 1,42 maka Fhitung > Ftabel, sehingga nilai pelanggan, kualitas pelayanan, dan kedekatan emosional bersama-sama mempengaruhi loyalitas nasabah. Dilihat dari perbandingan antara thitung dan ttabel dengan nilai thitung untuk variabel nilai pelanggan 2.066, thitung untuk variabel kualitas pelayanan 6.384 dan thitung untuk variabel kedekatan emosional 2.616, sedangkan nilai ttabel adalah 1.67 menunjukan bahwa adanya pengaruh antara nilai pelanggan dengan loyalitas nasabah, kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah, dan kedekatan emosional dengan loyalitas nasabah. Dari uji determinasi diperoleh perhitungan sebesar 71,5% loyalitas nasabah ditentukan oleh nilai pelanggan, kualitas pelayanan, dan kedekatan emosional, dan sisanya 28,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: nilai pelanggan, kualitas pelayanan, kedekatan emosional, loyalitas

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel dalam Buku
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:51
Last Modified: 07 Jun 2017 01:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item