ANALISIS TEKNIK PERHITUNGAN BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH SEBAGAI ALAT UKUR PENENTUAN TINGKAT BAGI HASIL (Penelitian pada KJKS Perambabulan Al-Qomariyah Kab. Cirebon)

SA'ADATUL LAELY, (2012) ANALISIS TEKNIK PERHITUNGAN BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH SEBAGAI ALAT UKUR PENENTUAN TINGKAT BAGI HASIL (Penelitian pada KJKS Perambabulan Al-Qomariyah Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SA'ADATUL LAELY_50530190__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SA'ADATUL LAELY: Analisis Teknik Perhitungan Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah sebagai Alat Ukur Penentuan Tingkat Bagi hasil (Penelitian pada KJKS Perambabulan Al-Qomariyah Babadan-Cirebon) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh data tentang keadaan pembiayaan mudharabah pada KJKS Perambabulan Al- Qamariyah, untuk memperoleh data pengukuran tingkat bagi hasil dan penentuan nisbah bagi hasil pembiayaan mudharabah yang diterapkan pada KJKS Perambabulan Al-Qamariyah untuk masa sekarang dan yang akan datang dan sebagai bahan perbandingan antara teori yang diperoleh dengan penerapannya pada KJKS Perambabulan Al-Qamariyah, dan memperoleh data sejauh mana penerapan atau pelaksanaan dari hasil analisis teknik perhitungan bagi hasil pembiayaan mudharabah, sehingga nasabah/ mudharib cukup mampu atau berhasil dalam pengelolaan modalnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisa deskriptif, yaitu mengadakan penelitian dengan mengumpulkan data dan informasi yang selanjutnya dideskripsikan dan dengan menggunakanpendekatan-pendekatan kualitatif, dicatat dan dianalisa lebih lanjut sesuai dengan variabelvariabel mengenai analisa “teknik perhitungan bagi hasil pembiayaan mudharabah sebagai alat ukur penentuan tingkat bagi hasil. Penelitian ini berkesimpulan bahwa keadaan pembiayaan mudharabah pada KJKS Perambabulan Al-Qomariyah tidak mengalami kenaikan yang signifikan pada tiap tahunnya. Pengukuran dan penentuan tingkat bagi hasil pembiayaan mudharabah pada KJKS Perambabulan Al-Qomariyah Babadan- Cirebon, berdasarkan pada pendapatan usaha anggota dimana bagi hasil belum tentu sama setiap bulannya. Implementasi hasil dari analisis teknik perhitungan bagi hasil pembiayaan mudharabah pada KJKS Perambabulan Al- Qomariyan Babadan-Cirebon dalam pengelolaanny tergolong masih berjalan dengan lancar, karena dilihat dari data perhitungannya dari jangka waktu yang telah ditentukan untuk pengembaliannya masih tepat pada waktunya. Kata kunci: Teknik perhitungan bagi hasil, pembiayaan mudharabah, tingkat bagi hasil

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:54
Last Modified: 07 Jun 2017 02:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item View Item