PENGARUH PERSEPSI PEDAGANG KECIL TENTANG BAITUL MAAL WATTAMWIL (BMT) TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BMT (Studi Kasus di BMT Al-Falah Sumber)

Sarah Puji Rahmah, (2012) PENGARUH PERSEPSI PEDAGANG KECIL TENTANG BAITUL MAAL WATTAMWIL (BMT) TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BMT (Studi Kasus di BMT Al-Falah Sumber). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SARAH PUJI RAHMAH_50530241__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sarah Puji Rahmah : Pengaruh Persepsi Pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil (BMT) Terhadap Minat Menjadi Nasabah BMT (Studi Kasus di BMT Al-Falah Sumber). Persepsi pedagang kecil merupakan proses dimana pedagang menerima, mengenali, dan memahami rangsangan yang datang pada dirinya, lewat indera-indera yang ada serta mampu mempengaruhi perilaku dan membentuk sikap dalam sebuah tanggapan dan penilaian terhadap sesuatu, seperti persepsi pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil (BMT). Baitul Maal Wattamwil (BMT) adalah lembaga keuangan yang berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif, investasi dengan sistem bagi hasil, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Untuk menumbuhkan persepsi itu, pihak BMT al-Falah harus sering melakukan sosialisasi ke tengah-tengah pedagang kecil dan masyarakat agar citra BMT al-Falah dikenali oleh masyarakat. Dan menimbulkan persepsi yang baik dan tidak ada sikap sinis terhadap BMT sehingga menimbulkan rasa minat menjadi nasabah BMT. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui persepsi pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil, 2. Untuk mengetahui minat pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil, 3. Untuk mengetahui pengaruh persepsi pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil terhadap minat menjadi nasabah BMT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, korelasi pearson product moment, uji hipotesi, dan koefisien determinasiI. Dari hasil uji statistik mengenai pengaruh persepsi pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil terhadap minat menjadi nasabah BMT diperoleh persamaan regresi Y = 23,71 + 0,489X, yang artinya bahwa bila dilakukan penambahan persepsi pedagang tentang Baitul Maal Wattamwil maka dengan sendirinya minat menjadi nasabah BMT akan bertambah. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,566, ini berarti terdapat korelasi yang sedang. Nilai thitung yang didapat adalah 3,595 kemudian nilai tersebut disesuaikan dengan ttabel menggunakan uji dua pihak dengan taraf kesalahan 10% sebesar 1,701(lihat lampiran 19), jadi thitung > ttabel (3,595 > 1,701). Dengan demikian keputusannya adalah Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat korelasi signifikan. Jadi, persepsi pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil memiliki hubungan yang positif dan signifikan dalam minat menjadi nasabah BMT. Adapun kontribusi persepsi pedagang kecil tentang Baitul Maal Wattamwil (BMT) terhadap minat menjadi nasabah BMT cukup besar sebesar 32,03%, kemudian sisanya 67,98% ditentukan faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Jan 2017 03:00
Last Modified: 07 Jun 2017 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item