A Model of Academic Guidance in University

Eti Nurhayati, (2012) A Model of Academic Guidance in University. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XXXI (3). pp. 1-17. ISSN 2442-8620

[img]
Preview
Text
A Model of Academic Guidance....pdf

Download (678kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian membahas pentingnya bimbingan belajar karena beberapa alasan yang bersifat internal dan eksternal untuk menunjang kesuksesan belajar dan menyongsong masa depan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bimbingan belajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan kemandirian dalam belajar dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) melalui empat tahapan: studi pendahuluan, merancang draf model, memvalidasi draf model, dan menguji model di lapangan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain The pretest and posttest non-equivalent control group design. Hasil penelitian menyimpulkan, model bimbingan yang telah diuji di lapangan terbukti secara meyakinkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta kemandirian, baik aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dalam belajar.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 16 Jul 2020 21:56
Last Modified: 18 Aug 2020 13:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item