PENERAPAN ALAT PERAGA MODEL SEL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEL DI SMAN 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

DIAN MARYANI, (2012) PENERAPAN ALAT PERAGA MODEL SEL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEL DI SMAN 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360041_DIAN MARYANI__ok.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

DIAN MARYANI: Penerapan Alat Peraga Model Sel Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sel Kelas XI Di SMAN 1 Suranenggala Kab. Cirebon Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum tercapai, karena belum adanya sarana dan prasarana yang memadai sehingga pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu perlu adanya kreativitas seorang guru untuk menciptakan dan membuat serta menerapkan suatu alat peraga dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan daya ingat siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat. Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi antar siswa dan guru. Untuk mempermudah suatu proses komunikasi dibutuhkan suatu media untuk menyampaikan konsep agar pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Oleh karena itu dibutuhkan peran dan kreativitas guru dalam menyesuaikan media alat peraga dengan materi. Penggunaan media alat peraga membantu siswa untuk meningkatkan daya ingat karena dalam media alat peraga mampu merangsang panca indera yang meliputi indera pendengaran dan indera penglihatan yang mampu merangsang siswa dalam memahami dan mengingat materi pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis (pre tes dan post test) dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Suranenggala yang 234 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, sampel dalam penelitian ini diambil 1 kelas eksperimen yaitu kelas XI ipa 2 yang terdiri dari 40 siswa dan kelas kontrol pada kelas XI IPA 4 yang terdiri dari 40 siswa.data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS 16 for windows melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). penerapan alat peraga model sel pada pokok bahasan sel perlu dilaksanakan karena dapat meningkatkan daya ingat siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar 2). adanya perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan alat peraga dan yang tanpa alat peraga, Hal ini diketahui dari analisis data soal-soal pre test dan pos test yang diberikan kepada siswa kelas XI 2 (kelas eksperimen) di SMAN 1 Surannenggala, diperoleh data peningkatan rata-rata total skor pre test ke skor post test sebesar 39,78 atau lebih besar dari pada kelas kontrol yang mengalami kenaikan sebesar 3,75, Berdasarkan hasil uji mann whitney diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan probabilitas < 0,05. Ho ditolak dan ha diterima. 3). Penerapan alat peraga model sel pada pembelajaran biologi sangat baik untuk diterapkan, hal ini bisa dilihat dari hasil respon siswa terhadap penggunaan media alat peraga ternyata hampir seluruh 77,5% siswa berpendapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 06:54
Last Modified: 06 Jun 2017 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item