PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERKOLABORASI PICTURE AND PICTURE DENGAN CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP AL WASHLIYAH SUMBER KABUPATEN CIREBON

NENENG SETIANIANSIH, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERKOLABORASI PICTURE AND PICTURE DENGAN CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP AL WASHLIYAH SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360042_NENENG SETIANIANSIH__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NENENG SETIANIANSIH : “Penerapan Metode Pembelajaran Berkolaborasi Picture and Picture dengan Critical Incident Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem di Kelas VII SMP Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon” Proses penyampaian materi dalam hal fakta, konsep dan prinsip sains lebih banyak dicurahkan melalui ceramah dan pemberian tugas saja. Siswa sifatnya hanya menghafal konsep dari buku. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah peningkatan mutu dalam materi biologi tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memperoleh pengetahuan. Picture and picture dengan critical incident adalah metode pembelajaran yang merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif siswa. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam kelas dengan menyampaikan gagasan terkait dengan konsep atau materi yang sedang diajarkan dan juga dapat berbagi cerita. Sehingga dengan adanya interaksi tersebut diharapkan siswa dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran berkolaborasi picture and picture dengan critical incident pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui penguasaan konsep siswa pada pokok bahasan ekosistem dan juga mengetahui seberapa besar peningkatan penguasaan konsep siswa yang menggunakan metode pembelajaran berkolaborasi picture and picture dengan critical incident pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi adalah kelas VII dengan jumlah 126 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan siswa kelas VII.B sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa . Setelah itu dilakukan tes tertulis (pre test dan pos test) untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mengetahui respon siswa serta pelaksanaan pembelajaran pada pokok bahasan ekosistem dengan menyebarkan angket. Sedangkan untuk penguasaan konsep analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, Uji homogenitas, Uji T. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa respon siswa terhadap metode pembelajaran berkolaborasi picture and picture dengan critical incident adalah cukup baik. Hasil rata-rata prosentasenya adalah sebesar 44,6 % sangat setuju (SS), setuju (S) 38,65 %, tidak setuju (TS) 11 % dan sangat tidak setuju (STS) 6 %. Rata-rata pre test kelas eksperimen 51,74 % dan rata-rata pos tes 70 %. Penguasaan konsep kelas eksperimen termasuk kategori baik dengan prosentase nilai 82,86 %. Rata-rata pre tes kelas kontrol 45,23 % dan rata-rata pos tes 62,57 %. Penguasaan konsep kelas kontrol termasuk kategori baik dengan prosentase nilai 57,14 %. Nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 37.54 % dan rata-rata Ngain kelas kontrol 31.22 %. Berdasarkan analisis uji T sig. (2-tailed) didapat sig. 0,021 < 0,05. Artinya penerapan metode pembelajaran berkolaborasi lebih baik dari pada tidak menerapkan metode berkolaborasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 06:58
Last Modified: 06 Jun 2017 07:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item