PERBANDINGAN PENERAPAN CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) ANTARA ADOBE CAPTIVATE DENGAN WEB EXE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENANGANAN LIMBAH DI KELAS XI SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBON

Tarjaki, (2012) PERBANDINGAN PENERAPAN CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) ANTARA ADOBE CAPTIVATE DENGAN WEB EXE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENANGANAN LIMBAH DI KELAS XI SMK PLUS FATAHILLAH GEGESIK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360043_TARJAKI__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tarjaki, 07460915. Perbandingan Penerapan CAI (Computer Assisted Instruction) Antara Adobe Captivate dengan Web eXe Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penanganan Limbah di Kelas XI SMK Plus Fatahillah Gegesik Kabupaten Cirebon. Penelitian komparatif ini dilatarbelakangi adanya fakta bahwa kurangnya minat dan motivasi pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMK Plus Fatahillah Kabupaten Cirebon. Pembelajaran tersebut cenderung monoton dan kurang mengoptimalkan fasilitas komputer dalam pelaksanaanya. Lulusan siswa SMK yang harus siap terjun ke dunia kerja membuat model pembelajaran yang selama ini diterapkan belum terasa efektifitasnya. Penelitian yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2011/2012 ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penerapan Computer Assisted Instruction (CAI) Adobe Captivate dan Web eXe format tutorial terhadap hasil belajar siswa pada materi penanganan limbah, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan Adobe Captivate dengan Web eXe. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan Random Pretes Postest Group Design. Sampel dipilih secara acak, yaitu kelas XI TKJ 1 (eksperimen 1) berjumlah 30 siswa diajarkan menggunakan media Adobe Captivate, dan kelas TKR 2 (eksperimen 2) berjumlah 30 siswa diajarkan menggunakan media Web eXe. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik tes tulis dan angket. Setelah data diperoleh kemudian data tersebut dianalisis dengan Uji Analisis Kovarian. Hasil dari penelitian ini yaitu pada kelas eksperimen 1 didapat rerata pretest sebesar 33.87, postest 69.10 dan n-gain 53.93, serta hasil belajar siswa setelah mengendalikan pengaruh kemampuan awal, diperoleh rerata sebesar 68,18 atau (Y y(res)1= 68,18). Sementara pada kelas eksperimen 2 diperoleh rerata pretest sebesar 31.53, postest 63.63 dan n-gain 47.23, serta hasil belajar siswa setelah mengendalikan pengaruh kemampuan awal, diperoleh rerata sebesar 64,55 atau (Y y(res)2= 64,55). Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan uji Anakova diperoleh nilai F hitung = 11,429, sedangkan harga F pada α = 0,05, dengan db1=1 dan db2=57, diperoleh F tabel = 4,012. Hal ini berarti Fhitung > Ftabel ; ( 11,429 > 4,012 ); dengan demikian maka H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran Adobe Captivate dan yang menggunakan Web eXe, setelah mengontrol pengaruh pengetahuan awal siswa. Hal ini didukung dengan sikap dan respon siswa yang cukup positif terhadap penerapan CAI. i

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:26
Last Modified: 07 Jun 2017 03:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/382

Actions (login required)

View Item View Item