PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL POWER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SUB POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP ABU MANSHUR KEC. WERU KAB. CIREBON

MURNI, (2012) PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA VISUAL POWER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SUB POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP ABU MANSHUR KEC. WERU KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360044_MURNI__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

MURNI : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL POWER POINT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP ABU MANSHUR WERU KABUPATEN CIREBON. Media pembelajaran dapat dijadikan alat peraga atau alat bantu dalam pembelajaran, karena media merupakan suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa. Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran yang konvensional atau ceramah dalam penyampain materi, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Hal ini berdasarkan KKM yang ada disekolah SMP Abu Manshur Weru Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pendekatan yang berupa media pembelajaran power point sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan media visual power point, mengetahui berbedaan hasil belajar siswa yang signifikan, selain itu untuk mengetahui sikap siswa terhadap media visual power point yang diberikan kepada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dengan instrument tes yang dilakukan sebelum pembelajaran (pretes) dan sesudah pembelajaran (postes). Tes ini digunakan untuk melihat hasil belajar dan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa. Kemudian dengan angket. Pengambilan sampel penelitian dengan teknik sampling purposive, sampel tersebut terdiri dari dua kelas dengan jumlah 30 siswa pada kelas eksperimen dan jumlah 30 siswa kelas kontrol. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji “t”. Data dari hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan, yaitu penerapan penggunaan media visual power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII pada sub pokok bahasan pengelolaan lingkungan di SMP Abu Manshur Weru Kab. Cirebon. Hal ini dilihat dari hasil uji ”t” diperoleh nilai signifikan, yaitu thitung < ttabel atau (0,00<0,05 ), maka Ha diterima. Dan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dari kedua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan melihat perbandingan mean yang diperoleh pada kelompok eksperimen nilai rata-rata sebesar 69,73, sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 33,06. Data dari respon siswa dari penyebaran angket pada kelas eksperimen menunjukan siswa lebih senang dan tertarik dengan menggunakan media pembelajaran power point dengan hasil prosentase yang diperoleh sebesar 79,33% tergolong sangat kuat. Kata Kunci : Media Visual Power Point, Hasil Belajar Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:29
Last Modified: 07 Jun 2017 03:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item