PENERAPAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN LIFE SKILL SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMP NEGERI 1 KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

ANDRI, (2012) PENERAPAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN LIFE SKILL SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMP NEGERI 1 KALIWEDI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360045_ANDRI__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANDRI : “Penerapan Metode Praktikum Terhadap Peningkatan Life Skill Siswa Pada Konsep Ekosistem Di SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon”. Kegiatan pembelajaran IPA biologi di SMP Negeri 1 Kaliwedi masih sering hanya terpaku pada cara agar materi cepat selesai. Pada saat pembelajaran dimulai guru langsung memulai dengan sedikit menyampaikan ulasan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari. Selanjutnya adalah kegiatan ceramah dari guru tentang materi dan siswa diminta mendengarkan atau mencatat seperlunya. Informasi yang diperoleh siswa hanya berasal dari buku paket dan dari informasi yang disampaikan oleh guru. Akibatnya kemampuan life skillnya rendah seperti pada saat didalam kelas siswa cenderung pasif tidak mau ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga penerapan praktikum di SMP kaliwedi jarang diterapkan dalam pembelajaran hal ini mengakibatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan praktikum sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji bagaimana penerapan metode praktikum (2) Untuk mengkaji Seberapa besar peningkatan kemampuan life skill siswa (3) Untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan metode praktikum di kelas VII pada konsep Ekositem Di SMP Negeri 1 kaliwedi kabupaten cirebon. Kegiatan praktikum sebagai suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri suatu fakta yang diperlukan atau ingin diketahui. Proses pembelajaran dengan praktikum lebih menekankan pada keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajarannya Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Penelitian ini terdiri dari tiga(3) siklus. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi,tes,angket dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur peningkatkan life skill siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Penerapan metode praktikum ini untuk meningkatkan life skill siswa. Hasil penelitian Penerapan metode praktikum terhadap peningkatan life skill siswa pada pelajaran IPA terpadu kelas VII E SMP Negeri 1 kaliwedi kabupaten Cirebon pada siklus I dikategorikan belum berhasil karena kemampuan life skillnya masih kurang. pada siklus ke II kemampuan life skill siswanya dikatagorikan cukup baik. Sedangkan pada siklus III kampuan life skillnya baik. Peningkatan life skill siswa pada aspek/kecakapan social meliputi Menyampaikan pendapat dengan peningkatan sebesar 41.7 %. Bekerjasama dengan peningkatan sebesar 44.3 %. Disiplin peningkatan sebesar 21.7 %. Mendengarkan peningkatan sebesar 46.5 %. Kecakapan akademik Membuat variable peningkatan sebesar 48.1 %.Membuat hipotesis peningkatan pada siklus III sebesar 45.4 %. Melaksankan penelitian terjadi peningkatan pada siklus III sebesar 50.8 %. Respons siswa positif terhadap metode praktikum pada konsep ekosistem di SMP N 1 Kaliwedi kabupaten Cirebon yang menyatakan setuju sebesar 78.3 % dan interprestasi skor angket termasuk ke dalam kategori kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:32
Last Modified: 06 Jun 2017 01:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item