PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 DUKUPUNTANG

NIA DANIAH, (2012) PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 DUKUPUNTANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360046_NIA DANIAH__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NIA DANIAH : Pembelajaran Biologi Berbasis Hands On Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 1 Dukupuntang Pembelajaran biologi merupakan pembelajaran sains yang tidak hanya mengandalkan hafalan teori saja, tetapi lebih menekankan pada pemahaman konsep dan aplikasi nyata. Pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Dukupuntang, masih menggunakan pembelajaran konvensional yang terpusat pada guru sehingga siswa kurang terampil dan kreatif. Pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity merupakan pembelajaran yang dipilih untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa dengan melibatkan siswa dalam beraktivitas dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Rumusan masalahnya yakni apakah pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Dukupuntang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity dalam meningkatkan keterampilan generik sains siswa; (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan generik sains siswa dikelas yang tidak menggunakan pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity; (3) Untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan keterampilan generik sains siswa di kelas yang menggunakan pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity dengan siswa dikelas yang tidak menggunakan pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity; (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretes-posttest control group. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, test dan angket. Populasinya adalah siswa kelas X sebanyak 260 siswa. Melalui teknik random sampling ditentukan dua kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 37 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 37 siswa. Analisis datanya menggunakan uji T berdasarkan data yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih menguasai ragam pengamatan dengan persentase 86,49% tergolong kategori sangat baik sedangkan ragam pemodelan hanya mencapai 62,16% dengan kategori cukup baik. Peningkatan keterampilan generik sains dapat dilihat dari nilai Ngain yakni di kelas eksperimen sebesar 0,56 sedangkan di kelas kontrol sebesar 0,32. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan generik sains di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil uji T dimana nilai t sebesar 9,012 dengan signifikansi probability 0,00< 0,05. Respon siswa terhadap pembelajaran biologi berbasis Hands On Activity bersifat positif. Kata kunci: Keterampilan Generik Sains, Hands On Activity

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:34
Last Modified: 06 Jun 2017 07:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item