PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING METODE QUESTION STUDENT HAVE DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 2 JAMBLANG

Mamas Maslahah, (2012) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING METODE QUESTION STUDENT HAVE DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP NEGERI 2 JAMBLANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360047_MAMAS MASLAHAH__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mamas Maslahah. Penerapan Model Cooperative Learning Metode Question Student Have Dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 2 Jamblang. IPA adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen serta menuntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka dan jujur. Banyak orang yang menganggap bahwa IPA sebagai mata pelajaran yang sulit dan bosan, sehingga IPA merupakan mata pelajaran yang kurang disenangi. Berdasarkan observasi yang penulis lakukan di SMP Negeri 2 Jamblang Dalam proses belajar mengajar guru masih menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah), siswa dihadapkan dengan sesuatu yang abstrak, sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh dan pelajaran IPA dianggap membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Cooperative Learning Metode Question Student Have Dalam Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan teknik Random sampling pada SMP Negeri 2 Jamblang berjumlah 6 kelas yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, dan VIIF yang menjadi sampel adalah kelas VIIC dan VIID, dimana kelas VIID dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Data diperoleh dari data nilai tes awal dan tes akhir dan observasi pada pokok bahasan Ekosistem kemudian diolah secara kuantitatif dengan menggunakan uji T, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang menggunakan Model Cooperative Learning Metode Question Student Have dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dari pada pembelajaran yang menggunakan metode diskusi. Hal ini dibuktikan dengan nilai observasi yang diperoleh dari kedua kelompok tersebut yaitu nilai Baik 49%, Cukup 45% dan Kurang 7% untuk kelas eksperimen dan nilai Baik 32%, Cukup 34%, Kurang 34% untuk kelas kontrol, dan nilai N gain yang diperoleh dari kedua kelompok tersebut yaitu 0,49 berkategori sedang untuk kelas eksperimen dan 0,29 berkategori rendah untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning metode Question Student Have dapat dijadikan alternatif dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada pokok bahasan ekosistem. Karena penelitian ini hanya dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon, diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan pada subjek yang berbeda dan ruang lingkup yang lebih luas. Kata Kunci : Metode Question Student Have, Aktifitas Siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:36
Last Modified: 07 Jun 2017 03:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item