PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) BERBASIS PRODUK PADA SUB POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs. ISTIQOMAH PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

ARIFFUDIN, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) BERBASIS PRODUK PADA SUB POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs. ISTIQOMAH PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360048_ARIFFUDIN__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ARIFFUDIN : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Pada Sub Pokok Pengelolaan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MTs. Istiqomah Panguragan Kabupaten Cirebon Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran IPA di kelas VII MTs. Istiqomah tahun ajaran 2011/2012, diketahui bahwa proses pembelajaran belajar mengajar menggunakan metode konvensional, sehingga dalam proses kegiatan belajar siswa kurang aktif dan bergantung pada guru yang merupakan salah satu sumber informasi yang ada di dalam kelas. Dengan demikian proses belajar mengajar mengalir satu arah yaitu dari guru ke murid, sedangkan peserta didik hanya diam, duduk, menulis dan mendengarkan. dari masalah penelitian tersebut peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) yang dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa, serta untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction, (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Instruction. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket, observasi, dan tes yang meliputipretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, dengan sampel sebanyak dua kelas yang diambil secara Sampling jenuh. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS V.18 untuk menguji normalitas, homogenitas, dan uji Independent T-test (uji t). dari analisis SPSS tersebut dihasilkan data yang berdistribusi normal, homogen, serta uji t yang menerima Ha. Hasil penelitian menunjukkan data kedua kelas berdistribusi normal, dengan nilai uji normalitas kelas eksperimen menurut Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk adalah 0.085 dan 0.076, sedangkan nilai uji normalitas kelas kontrol menurut Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk adalah 0.200 dan 0.138. data uji normalitas kedua kelas tersebut lebih besar dari nilai α (0.05) sehingga dapat disimpulkan data masing-masing kelas tersebut berdistribusi normal. uji homogenitas kedua kelas tersebut juga berdistribusi homogen dengan hasil yang diperoleh yaitu 0.98, sehingga nilai homogenitas lebih besar daripada nilai α (0.05) sehingga dapat diputuskan data tersebut berdistribusi homogeny (0.98 > 0.05). setelah mengetahui hasil uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya di lakukan uji hipotesis dengan Independent Sample Test dengan bantuan SPSS V.18, dari hasil uji hipotesis tersebut didapatkan nilai sig.(2-tailed) 0.000 dengan taraf kepercayaan 0.05. dengan demikian dapat diputuskan bahwa uji hipotesis tersebut menunjukkan menerima Ha (0.000 < 0.005), sehingga hasil hipotesis penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:39
Last Modified: 06 Jun 2017 01:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item