PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER ANTARA SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE MODEL TUTORIAL DAN POWER POINT 2007 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM SARAF KELAS XI IPA DI SMA PGRI KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON

Siti Maemunah, (2012) PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER ANTARA SOFTWARE ADOBE CAPTIVATE MODEL TUTORIAL DAN POWER POINT 2007 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SISTEM SARAF KELAS XI IPA DI SMA PGRI KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360051_SITI MAEMUNAH AF__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siti Maemunah :“Perbandingan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Antara Software Adobe Captivate Model Tutorial Dan Power Point 2007 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Pokok Bahasan Sistem Saraf Kelas XI IPA di SMA PGRI Karangsembung Kabupaten Cirebon”. Penelitian ini di latar belakangi adanya pembelajaran yang kurang efektif di kelas karena siswa menganggap pelajaran biologi suatu pembelajaran yang sulit, penyampaian materi terlalu monoton dan cenderung hanya menghafal, hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi jenuh, pasif dan ngantuk, bahkan sebagian dari mereka banyak yang mengobrol. Diera teknologi yang semakin maju, guru dituntut untuk kreatif guna meningkatkan mutu pembelajaran. Guru seharusnya mulai menyadari pentingnya aspek teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh guru adalah membuat media pembelajaran berbantuan komputer dengan menggunakan Software Adobe Captivate Model Tutorial dan Power Point 2007. Media berbantuan komputer secara langsung siswa dapat interaktif atau mengubah sajian yang ditampilkan dan merupakan suatu alternatif pengganti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, perbedaan hasil belajar dan untuk mengetahui media apa yang bagus digunakan pada pembelajaran biologi materi sistem saraf antara penggunaan Software Adobe Captivate Model Tutorial dan Power Point 2007. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI Karangsembung Kabupaten Cirebon, sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan 2 kelas eksperimen yaitu kelas Software Adobe Captivate Model Tutorial dengan jumlah siswa 40 dan kelas Software Power Point 2007 dengan jumlah siswa 40. Pengumpulan data ini dilakukan dengan tes tulis dan angket. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer Software Adobe Captivate Model Tutorial di peroleh rata – rata peningkatan hasil belajar 58,60 sedangkan dengan kelas Power Point 2007 38,66. dari nilai rata-rata tersebut dapat dilihat peningkatan pada kedua kelas tersebut kemudian setelah di uji statistik dengan menggunakan taraf 5% didapat bahwa thitung> ttabel nilai sig(2 –tailed) adalah 0,000 artinya lebih kecil dari 0,05( < 0,05) maka Ha diterima berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media Software Adobe Captivate Model Tutorial dan Power Point 2007.selain itu dari nilai rata – rata tersebut dapat di lihat perbedaan antara kedua kelas sebesar 19,944. Berdasarkan nilai hasil belajar rata – rata yang menggunakan media berbantuan komputer antara Software Adobe Captivate Model Tutorial lebih besar di bandingkan dengan Power Point 2007 . hal ini menunjukkan bahwa Software Adobe Captivate Model Tutorial lebih menarik tampilan slidenya, dan animasi nya bisa berubah - berubah dari pada dengan Power Point 2007.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:46
Last Modified: 07 Jun 2017 02:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item