PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CARA-CARA PENANGANAN LIMBAH DI SMK CARUBAN NAGARI KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

JUBAEDAH, (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CARA-CARA PENANGANAN LIMBAH DI SMK CARUBAN NAGARI KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360053_JUBAEDAH (07460860)__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

JUBAEDAH : Penerapan Pembelajaran Contexstual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cara-Cara Penanganan Limbah Di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Proses pembelajaran Contexstual Teaching and Learning (CTL) merupakan pembelajaran yang membantu guru antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupannya sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan pemahaman ini, hasil belajar diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, seorang guru dapat menggunakan pembelajaran Contexstual Teaching and Learning (CTL) dalam menyampaikan materi khususnya IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan pembelajaran dengan menggunakan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan cara-cara penanganan limbah di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.Untuk mengkaji apakah ada perbedaan hasil belajar yang menggunakan contextual teaching and learning (CTL) dan pembelajaran tidak menggunakan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada pokok bahasan cara-cara penanganan limbah.Untuk mengkaji bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada pokok bahasan cara-cara penanganan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Adapun sampel dalam penelitian ini yakni diambil kelas XIa sebagai kelas kontrol dan kelas XI b eksperimen dalam penelitian dan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik tes, angket dan observasi. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan cara analisis kuantitaf, sebelum penulis melakukan uji instrumen untuk memperoleh validitas menggunkan master templet. Kesimpulam dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan dalam kelas dengan menggunakan Contexstual Teaching and Learning (CTL) mendapat nilai minimum 11 mengalami peningkatan sampai nilai 19 dengan nilai rata-rata 21.13. Hal ini dapat dilihat dari pada gain dari tiap kelas. Dari data yang diperoleh dari gain menunjukan bahwa nilai t diperoleh sebesar = -6,323 dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 – 2 = (30 + 30 – 2 =58 ).α = 0,05 diperoleh Sig.0,000. karena Sig.0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) yang menjawab ya sebesar 49 % termasuk kriteria cukup, yang menjawab kadang-kadang sebesar 39% kriteria rendah dan yang menjawab tidak sedikit sekali 12% termasuk kriteria rendah sekali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:51
Last Modified: 06 Jun 2017 06:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item