PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PEMISAHAN PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMPN II GREGED KABUPATEN CIREBON

EVI SUKAESIH, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN REMEDIAL PEMISAHAN PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI SMPN II GREGED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360054_EVI SUKAESIH (50540727)__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

EVI SUKAESIH :“Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Remedial Pemisahan (withdrawal) pada Konsep Sistem Gerak pada Manusia di SMP II Greged Kabupaten Cirebon”. Salah satu kompetensi yang harus dikuasi oleh guru adalah evaluasi pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran yaitu, mengevaluasi pembelajaran Termasuk didalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Siswa yang hasil belajarnya belum memenuhi KKM maka di anggap belum tuntas konpetensi dasarnya pada mata pelajaran tertentu. Salah satu jalan keluarnya yaitu siswa tersebut perlu diberikan pembeajaran ulang atau remedial supaya siswa tersebut dapat memenuhi KKM yang telah di tetapkan di sekolahnya dan dapat menguasai kompetensi dasar mata pelajaran khususnya mata pelajaran biologi pada konsep sistem gerak pada manusia di SMPN II Greged. Nilai KKM disekolah tersebut yaitu 60. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengkaji peningkatan hasil belajar siswa dalam mencapai Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) dengan menerapkan pembelajaran remedial pemisahan (Withdrawal) di kelas VIII SMP Negeri 2 Greged dan untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan pembelajaran remedial pemisahan (Withdrawal) pada pembelajaran biologi konsep sistem gerak pada manusia di SMP Negeri II Greged. Pembelajaran remedial pemisahan (withdrawal) diharapkan dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam penguasan materi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mencapai Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) dan tuntas pada kompetensi dasar pada mata pelajaran biologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Greged Kabupaten Cirebon berjumlah 150 siswa dengan sampel kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 kelas, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, setelah data diperoleh kemudian di analisis untuk prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian ini adalah Hasil belajar siswa yang diterapkan pembelajaran remedial pemisahan (withdrawal) dalam pembelajaran biologi telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 12 (nilai 60), karena nilai penguasaan konsep biologi siswa di kelas eksperimen berdasarkan nilai postes menunjukan rata-rata sebesar 14,50, dari hasil uji One Sample T-test yang diperoleh nilai p-value atau Sig. 0.00 <0,05. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran remedial pemisahan (withdrawal) dalam pembelajaran biologi konsep sistem gerak pada manusia di SMP Negeri 2 Greged tergolong sangat kuat (terletak antara 81%-100%), hal ini terlihat dari nilai interpretasi siswa sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:06
Last Modified: 06 Jun 2017 03:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item