PENGGUNAAN PENILAIAN PROYEK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII MTs AL IKHLAS KECAMATAN MUNDU KABUPATENCIREBON

Etik Melawati, (2012) PENGGUNAAN PENILAIAN PROYEK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII MTs AL IKHLAS KECAMATAN MUNDU KABUPATENCIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360056_ETIK MELAWATI__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Etik Melawati : Penggunaan Penilaian Proyek Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem di Kelas VII MTs Al Ikhlas Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Melalui observasi pendahuluan, penulis menemukan permasalahan yang terdapat di MTs Al-Ikhlas Kabupaten Cirebon ini, guru belum mengoptimalkan penggunaan penilaian yang dapat mengembangkan proses pembelajaran. Guru cenderung menggunakan penilaian tes tulis. Disana terlihat adanya kejenuhan dalam pemberian penilaian. Disamping itu penggunaan model pembelajaran pun minim sekali digunakan, hanya dengan mencatat dari buku teks dan mendengarkan penjelasan guru. Disamping itu aktifitas pembelajaran terfokuskan di dalam ruangan, tidak memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembelajaran. Disamping itu hasil belajar IPA pada semester sebelumnya yaitu semester satu hasil belajar siswa rendah. Dimana dalam satu kelas terdapat 46 siswa. Siswa yang mencapai KKM sebesar hanya ada 9 siswa, sisanya 37 siswa tidak mencapai KKM. Nilai KKM yang guru tetapkan adalah 60. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi penilaian proyek dalam upaya menigkatkan hasil belajar siswa, untuk mengkaji hasil belajar siswa setelah diterapkan penilaian proyek dan untuk mengkaji respon siswa terhadap penggunaan penilaian proyek pada konsep ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan aplikasi penilaian proyek yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dalam setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTs Al Ikhlas Mundu, semester genap tahun ajaran 2010-2011 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data melalui format observasi On Task dan Off Task dan tes hasil belajar dan angket untuk mengetahui respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi On Task yang mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I prosentase On Task sebesar 74.53%, siklus II 81.25%, dan siklus III 84.22%. Sebaliknya dengan observasi Off Task mengalami penurunan setiap siklusnya. Selain itu hasil belajar siswa pada konsep ekosistem mengalami peningkatan, hasil pre tes dengan rata-rata kelas sebesar 43.35% meningkat pada hasil post tes rata-rat sebesar 83.23. Hasil belajar dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan siklus I ratarata 56.75, siklus II rata-rata 64.75 dan siklus III rata-rata 74.38. Respon siswa terhadap aplikasi penilaian proyek merespon dengan positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi penilaian proyek dalam pembelajaran pada konsep ekosistem cukup efektif. Hasil belajar siswapun mengalami peningkatan disetiap siklusnya melalui aplikasi penilaian proyek dan respon siswa terhadap aplikasi penilaian proyak dalam pembelajaran pun direspon positif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:09
Last Modified: 06 Jun 2017 03:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item