PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON

ANNISA LESTARI, (2012) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360057_ANNISA LESTARI (07460799)__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ANNISA LESTARI : “Penerapan Strategi Active Learning Tipe Giving Questions And Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon” Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam belajar adalah aktivitas siswa. Dalam proses pembelajaran siswa dituntut untuk aktif melalui aktivitas-aktivitas yang membangun kerja kelompok dan dalam waktu singkat membuat mereka berfikir tentang materi pelajaran. Keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran biologi sangat diperlukan, sehingga apa yang dipelajari akan lebih tertanam dalam pikiran siswa. Untuk itu, melalui penerapan strategi Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers dalam Proses Belajar Mengajar diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa, yang selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji penerapan strategi Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers dalam proses belajar mengajar. (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan strategi Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers dengan yang tanpa menerapkan strategi Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers. (3) untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan strategi Active Learning tipe Giving Question and getting Answer dalam proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes (pre-test dan post-test), observasi dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 (kelas eksperimen) dan kelas X-1 (kelas Kontrol) SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Data hasil penelitian kemudian di analisis dengan menggunakan SPSS 15 for window melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) berdasarkan hasil analisis observasi, aktivitas siswa meningkat setelah diterapkan strategi Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers. (2) berdasarkan uji T Independent Sampel Test, terdapat peningkatkan hasil belajar biologi siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan strategi Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers. Terbukti dari hasil perhitungan uji T menggunakan SPSS 15 for window diperoleh nilai Sig. 0,000 < (0,05) yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa. (3) berdasarkan hasil analisis angket mengenai respon siswa terhadap penerapan strategi hampir dari siswa (74%) menyukai penerapan strategi pembelajaran Active Learning tipe Giving Question and getting Answer.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:12
Last Modified: 06 Jun 2017 01:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item