ANALISIS PROFIL KOMUNIKASI VERBAL GURU IPA DI SMP NEGERI 1 JALAKSANA KUNINGAN

PRIYATNA, (2012) ANALISIS PROFIL KOMUNIKASI VERBAL GURU IPA DI SMP NEGERI 1 JALAKSANA KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360058_PRIYATNA__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PRIYATNA (58461187): Analisis Profil Komunikasi Verbal Guru IPA di SMP Negeri 1 Jalaksana Kuningan. Dalam pendidikan sangat diharapkan suatu proses pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh salah satu subjek penting dalam pendidikan yakni guru. Guru dalam pendidikan langsung berinteraksi dengan peserta didik, sehingga guru memiliki peranan sebagai subjek yang secara langsung terlibat dalam proses pembelajaran. Cara guru mengkomunikasikan materi ajar secara verbal adalah salah satu modal bagi guru dalam mengajar. Karena kemampuan mengkomunikasikan materi dengan baik akan mempermudah siswa untuk mengerti dan memahami maksud dari materi yang disampaikan guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Adapun jenis masalah dalam penelitian ini adalah profil guru biologi yaitu mengenai komunikasi verbal guru IPA di SMP Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui profil seorang guru IPA di SMP Negeri 1 Jalaksana. 2. Untuk mengetahui kemampuan komunikasi verbal secara lisan guru IPA dalam menyampaikan materi di SMP Negeri 1 Jalaksana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah salah satu guru biologi di SMP Negeri 1 Jalaksana yang dianggap paling baik berdasarkan hasil studi pendahuluan. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang. Pengambilan sumber data penelitian ini menggunakan teknik “purposive sampling” yaitu memfokuskan pada informan-informan terpilih yang kaya dengan kasus studi yang bersifat mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1. Guru “WS” dijadikan subjek penelitian karena dari hasil wawancara menunjukan bahwa guru “WS” merupakan guru yang baik, karena dapat dilihat dari hasil wawancara dengan 3 narasumber menyatakan bahwa guru “WS” layak dijadikan sebagai subjek penelitian karena guru “WS” muda, enerjik, bisa membawa kelas lebih kreatif, inovatif dan materi yang diajarkan ke siswa mudah difahami oleh siswa. Dan dari hasil angket yang menunjukan bahwa 39,6% menjawab Selalu, 32,1% menjawab sering dalam melaksanakan tugas dan peranannya dalam pembelajaran, jadi guru “WS” dianggap siswa memenuhi kriteria sebagai guru yang baik. 2. Dari hasil analisis VICS (Verbal Interaction Categories Sistem) terlihat hasil bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, yang dominan dalam penelitian ini adalah tanya jawab singkat antara guru dan siswa. 3. Dari hasil analisis kategori tindak ilokusi menunjukan hasil bahwa dari kelima kategori, kategori direktif adalah kategori yang paling dominan dalam setiap pertemuan, dan kategori yang sering muncul dalam direktif lebih menonjol kalimat yang bersifat “menyatakan”. Kata kunci : Analisis, Profil Guru, Komunikasi Verbal

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Jan 2017 08:16
Last Modified: 07 Jun 2017 01:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item