Perbandingan Penggunaan Asesmen Kinerja (Performance) Dan Asesmen Penugasan Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII

Yeni Herlina, and Toheri, T (2014) Perbandingan Penggunaan Asesmen Kinerja (Performance) Dan Asesmen Penugasan Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 3 (2). ISSN 2502-5309

Full text not available from this repository.

Abstract

Evaluasi adalah suatu proses yang harus dilakukan secara sistematis untuk mencari informasi mengenai gambaran kemampuan siswa untuk mengukur sejauhmana tujuan pembelajaran sudah tercapai. Oleh karena itu, pemilihan jenis asesmen atau jenis penilaian harus menjadi satu fokus perhatian guru yang harus diperhatikan demi mencapai hasil evaluasi seperti yang diharapkan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis evaluasi asesmen kinerja (Performance) Dan Asesmen Penugasan Terhadap Kemampuan Matematika Siswa. Asesmen Kinerja (Performance) merupakan asesmen terhadap aktivitas siswa dengan berbagai macam tugas dan situasi untuk menilai kemampuan siswa, sedangkan asesmen penugasan merupakan asesmen yang dilakukan dengan menggunakan bukti- bukti hasil belajar yang diambil selama proses pembelajaran, secara berkesinambungan dengan metode pengumpulan informasi atau data secara sistematik bertujuan mengukur sejauhmana kemampuan peserta didik dalam mengkonstruksi dan merefleksi suatu pekerjaan dan juga bertujuan sebagai alat formatif maupun sumatif. Dari hasil penelitian diperoleh t hitung adalah -6.015 kemudian dibandingkan dengan t tabel sebesar -1,98729. Nilai –t hitung < -t tabel (-6.015 <-1,98729.) dan signifikansi (0,000<0,05) maka Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan pada perbandingan penggunaan asesmen kinerja (performance) dan asesmen Penugasan terhadap kemampuan matematika siswa pada pokok bahasan garis dan sudut kelas VII MTs Negeri Cirebon II. Selain itu dapat dilihat melalui rata rata kemampuan siswa yang menggunakan asesmen kinerja (performance) adalah 68,0444 dan rata rata kemampuan matematika siswa yang menggunakan asesmen penugasan adalah 78,3481, artinya rata rata pada asesmen penugasan lebih besar dibanding rata rata siswa yang menggunakan asesmen kinerja (performance) dan dari kedua jenis asesmen ini didapat perbedaan pada kemampuan matematika siswa.

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Asesmen, Kinerja, Penugasan, Kemampuan matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 11 Nov 2020 09:48
Last Modified: 11 Nov 2020 09:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item View Item