PENGARUH KUALITAS CUSTOMER SERVICER TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG CIREBON

SULFIYAH, (2012) PENGARUH KUALITAS CUSTOMER SERVICER TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SULFIYAH_58320258__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SULFIYAH : “Pengaruh Kualitas Customer Servicer Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon” Persaingan memperebutkan nasabah bank di Indonesia juga sangat ketat. Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang sudah banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas customer servicer memang masih ampuh bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau mendapatkan nasbah baru. Kualitas pelayanan(customer servicer) yang baik erat kaitanya dengan keberhasilan suatu perusahaan dalam memenuhi kepuasan nasabah yang efektif, maka perusahaan harus bisa mengembangkan kerjasama dengan nasabah dalam menyampaikan layanan dengan tepat waktu serta akurat dengan perhatian dan keramahan. Apabila pelanggan merasa telah terpenuhi segala harapan yang ia inginkan baik dari segi produk atau pelayanannya, maka loyalitas akan tumbuh pada diri pelanggan dan akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi customer servicer pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon, mengetahui pelayanan nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon sehingga loyalitas tetap terjaga dan semakin meningkat serta mengetahui pengaruh kualitas customer servicer pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan datanya melalui observasi langsung ke Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon, penyebaran angket yang ditujukan kepada responden Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon. Sampel dari Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Cirebon sebanyak 69 responden. Berdasarkan hasil penelitian kualitas customer servicer mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, hal ini dapat diliht dari persamaan regresi linear Y= 13,070+ 0,730X, dari persamaan tersebut dapat diketahui nilai konstanta sebesar 13,070, nilai koefesien kualitas customer servicer sebesar 0,730 yang berarti bahwa jika kualitas customer servicer semakin ditingkatkan maka loyalitas nasabah akan semakin meningkat. Dilihat dari perhitungan hasil SPSS 16,0 antara thitung dan ttabel dan nilai thitung untuk kualitas customer servicer adalah 8,088, sedangkan nilai ttabel adalah 1,667 menunjukan bahwa nilai thitung 8,088> ttabel1,667 artinya Ho ditolak artinya kualitas customer servicer berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Dari uji determinasi diketahui bahwa kualitas customer servicer memberikan kontribusi sebesar 49,42% terhadap loyalitas nasabah, dan sisanya 50,58% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Jan 2017 07:18
Last Modified: 07 Jun 2017 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item