PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PLUMBON

MIMIN, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PLUMBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360061_MIMIN SUMINA__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

MIMIN : Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Reciprocal Teaching Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa kelas XI Pada Pokok Bahasab Sistem Pernapasan di SMA Negeri 1 Plumbon. Pembelajaran sebagai proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas Hal ini menyebabkan siswa kurang terlatih untuk mengembangkan daya nalarnya dalam memecahkan permasalahan dan mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata sehingga kemampuan berfikir kritis siswa kurang dapat berkembang dengan baik. Model reciprocal teaching merupakan salah satu tipe dari model kooperatif learning yaitu kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep, menyelesaikan persoalan, yang mewajibkan peran aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model reciprocal teaching pada konsep sistem pernapasan, mengkaji keterampilan berpikir kritis siswa sebelum pembelajaran, untuk mengkaji perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching(pembelajaran berbalik) dengan model ceramah, dan juga untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran reciprocal teaching(pembelajaran berbalik) pada pokok bahasan sistem pernapasan di SMA Negeri 1 Plumbon. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes dan angket. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan cara analisis kuantitatif yaitu dengan cara uji descriptive, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji ancova. Sebelumnya peneliti melakukan uji coba instrumen untuk memperoleh validitas dan realibilitas data yang akan digunakan. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Penerapan model reciprocal teaching dalam konsep sistem pernapasan baik digunakan. 2). Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah pembelajaran dikelas kontrol dimana nilai rata-ratanya yaitu 68,9 sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 77,8. Dari nilai rata-rata tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran.3).Respon siswa terhadap penerapan reciprocal teaching(pembelajaran berbalik) pada pokok bahasan sistem pernapasan sebesar 25 % menyatakan sangat setuju, 52 % menyatakan setuju, 14 % menyatakan. Sehingga angket tersebut termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, model reciprocal teaching, berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:02
Last Modified: 06 Jun 2017 06:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item