PERBANDINGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI BIOENTREPRENEURSHIP DENGAN KARYA WISATA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBAHASAN LIMBAH DAN DAUR ULANG LIMBAH DI SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN CIREBON

ENTIK SUTICHA, (2012) PERBANDINGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI BIOENTREPRENEURSHIP DENGAN KARYA WISATA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBAHASAN LIMBAH DAN DAUR ULANG LIMBAH DI SMA MUHAMMADIYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360063_ENTIK SUTICHA__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ENTIK SUTICHA : Perbandingan Penerapan Pembelajaran Berorientasi Bioentrepreneurship dengan Karya Wisata terhadap Hasil Belajar pada Pembahasan Limbah dan Daur Ulang Limbah di SMA Muhammadiyah Kabupaten Cirebon. Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi. Proses transfer pengetahuan akan berhasil (Indikator pencapaian berhasil diraih siswa) apabila waktu terlama difokuskan pada kondisi siswa beraktivitas, yaitu waktu guru menyampaikan presentasi hanya 30 %, sedangkan 70 % digunakan untuk siswa beraktivitas. Sementara itu, hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah Ia menerima pengalaman belajar. Untuk mempelajari biologi kita memerlukan pemahaman tentang proses secara sistematis dan aplikasinya terhadap kehidupan nyata. Khususnya pada penelitian ini pembahasan limbah dan daur ulang limbah yang tepat dan efektif dalam mempelajari ilmu biologi, dengan cara melakukan interaksi dengan para siswa, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai dan siswa memperoleh gambaran yang jelas terkait materi yang sedang dipelajari. Proses pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah Cirebon belum berjalan secara maksimal, model pembelajaran yang interaktif dengan melibatkan siswa sehingga siswa kurang memperoleh gambaran yang jelas terkait materi yang sedang dipelajari masih jarang digunakan. Pembelajaran berorientasi Bioentrepreneurship dan pembelajaran Karya Wisata, kedua metode pembelajaran tersebut mempunyai kesamaan dalam ruang lingkupnya, yaitu samasama berperan dalam kehidupan yang nyata. Namun dari masing-masing metode juga mempunyai kekurangan dan kelebihan. Karena itu penerapan metode yang baik, yang bisa mencapai tujuan dari pembelajaran, dan mendapatkan prestasi belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengkaji penerapan kedua pembelajaran tersebut. Mengkaji seberapa besar peningkatan hasil belajar kedua pembelajaran tersebut. Dan mengkaji perbandingan dari hasil belajar yang diperoleh siswa dari kedua pembelajaran tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Test dan Angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah Cirebon kelas X.2 dengan pembelajaran berorientasi Bioentreprenenurship dan X.6 dengan pembelajaran Karya Wisata yang berjumlah 56 siswa dan pengambilan sampelnya dengan teknik Random Sampling. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa penerapan Pembelajaran Berorientasi Bioentrepreneurship lebih baik dari pembelajaran Karya Wisata dengan perbedaan respon siswa yang tipis, kelas eksperiment I lebih besar daripada eksperiment II. Hasil belajarpun meningkat 5,68% dan 1,78% untuk eksperiment I dan eksperiment II. Sedangkan perbedaan hasil belajar pada kedua kelas tersebut, dari rata-rata data gain, kelas eksperiment I lebih besar 62,43 daripada kelas eksperiment II 51,71. Namun karena perbedaan hasil belajar yang tipis, dari hasil analisis uji t pada SPSS V.16 diperoleh nilai Sig. 0,102 > 0.05 yang artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kedua pembelajaran tersebut. Karena keduanya termasuk dalam kriteria tinggi dalam peningkatan hasil belajar, maka kedua pembelajaran tersebut dapat dikatakan baik untuk diterapkan pada pembelajaran Biologi. Kata Kunci : Penerapan Pembelajaran Berorientasi Bioentrepreneurship, Pembelajaran Karya Wisata, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:07
Last Modified: 06 Jun 2017 03:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item