PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SLIYEG

SINTA ULFIYANI, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SLIYEG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360064_SINTA ULFIYANI (58461191)__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SINTA ULFIYANI :“Penerapan Metode Pembelajaran Discovery – Inquiry Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sliyeg” Rendahnya nilai hasil belajar yang dikarenakan kurangnya motivasi siswa untuk belajar dan metode pembelajaran yang kurang variatif. Inilah sebagai latar belakang permasalahan ini diangkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa yang melalui penggunaan metode Discovery-Inquiry Terbimbing dan yang tidak melalui metode Discovery-Inquiry Terbimbing pada Konsep Ekosistem di SMP Negeri 2 Sliyeg, 2) perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang melalui metode Discovery-Inquiry Terbimbing dengan yang tidak melalui metode Discovery-Inquiry Terbimbing pada Konsep Ekosistem di SMP Negeri 2 Sliyeg, 3) respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Discovery-Inquiry Terbimbing pada Konsep Ekosistem di SMP Negeri 2 Sliyeg. Belajar dalam pengertian ini difokuskan pada tercapainya daya pikir dan tindakan yang berkualitas untuk memecahkan masalah - masalah yang kini dan nanti dihadapi siswa. Terdapat faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik bersumber dari dirinya atau di luar dirinya. Inquiry terbimbing yaitu suatu metode dimana guru membimbing siswa melakukan kegiatan dengan memberi pertanyaan awal dan mengarahkan pada suatu diskusi. Guru mempunyai peran aktif dalam menentukan permasalahan dan tahap-tahap pemecahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun langkah – langkah dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik test, angket dan observasi yang dilakukan untuk mengumpulkan data kondisi sekolah dan mengukur kemampuan siswa. Hasil belajar siswa pada konsep ekosistem diperoleh rata - rata nilai gain dari kelas ekperimen sebesar 44,65% sedangkan rata-rata Gain kelompok kelas kontrol sebesar 18,975%. Hasil post test pada kelompok kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 81,75 ℅ sedangkan untuk hasil post test kelompok kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 61,375 ℅. Respon siswa pada kelompok kelas eksperimen terhadap penerapan metode pembelajaran Discovery – Inquiry Terbimbing pada konsep Ekosistem memberikan respon yang positif dan antusias. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery – Inquiry terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery-Inquiry Terbimbing, Hasil Belajar, Ekosistem

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:09
Last Modified: 07 Jun 2017 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item