PENERAPAN HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA N 1 GEGESIK-CIREBON

FUJI ASIH LESTARI, (2012) PENERAPAN HANDS ON ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA N 1 GEGESIK-CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360067_FUJI ASIH LESTARI__ok.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

FUJI ASIH LESTARI : Penerapan Hands On Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Kompetensi Dasar Pencemaran Lingkungan Di Kelas X Sma N 1 Gegesik- Cirebon Keterampilan proses melibatkan keterampilan-keterampilan kognitif atau intelektual, manual, dan sosial. Berdasarkan informasi dari guru biologi kelas X SMA N 1 GEGESIK, pembelajaran biologi pada kompetensi dasar pencemaran lingkungan umumnya disampaikan dengan cara ceramah dan pembelajaran Hands On Activity belum pernah dilakukan di SMA N 1 Gegesik, sehingga dalam penelitian ini penulis menggunakan pembelajaran Hands On Activity. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains pada siswa yang menggunakan Hands on activity dan tidak menggunakan Hands on activity pada kompetensi dasar pencemaran lingkungan di Kelas X SMA N 1 Gegesik tahun ajaran 2011/2012. Untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan proses sains pada siswa yang menggunakan Hands on activity dengan yang tidak menggunkan Hands on activity pada kompetensi dasar pencemaran lingkungan di Kelas X SMA N 1 Gegesik tahun ajaran 2011/2012. Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan penerapan Hands on activity pada kompetensi dasar pencemaran lingkungan di Kelas X SMA N 1 Gegesik tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian yaitu menggunakan metode eksperimen, teknik pengmpulan data yaitu : tes, observasi dan angket. Tes ini dilakukan selama dua kali yaitu diawal sebelum pembelajaran (pretes) dan setelah pembelajaran (postest). Observasi digunakan untuk mengetahui kemunculan keterampilan proses sains siswa. dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan mneggunakan model Hands on activity untuk mengukur keterampilan proses sains. Terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan Hands On Activity dengan yang tidak menggunakan Hands On Activity. Kemudian dikuatkan juga dengan lembar observasi yang hasilnya dari pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-3 mengalami peningkatan yang signifikan. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains siswa antara siswa yang menggunakan pembelajarannya menggunakan Hands On Activity dengan siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. angket respon yang disebarkan kepada siswa kelas eksperimen yang menggunakan Hands On Activity di kelas X-3 SMA Negeri 1 Gegesik pada kompetensi dasar pencemaran lingkungan mendapatkan respon yang cukup, hal ini terlihat dari 53,75 % siswa menyatakan setuju. Maka dengan itu penerapan Hands On Activity pada kompetensi dasar pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Gegesik baik untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Jan 2017 08:15
Last Modified: 06 Jun 2017 04:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item