PERBANDINGAN STRATEGI “DEBAT PENDAPAT” DENGAN “TIM KUIS” TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 PLUMBON

DAHLIA, (2012) PERBANDINGAN STRATEGI “DEBAT PENDAPAT” DENGAN “TIM KUIS” TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 PLUMBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360071_DAHLIA__ok.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

DAHLIA : Perbandingan Strategi Debat Pendapat dengan Tim Kuis Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Plumbon Kegiatan pembelajaran di sekolah dewasa ini kurang menunjang terhadap aspek kognitif, Strategi pembelajaran Debat Pendapat dengan Tim Kuis dapat digunakan agar siswa mampu berfikir secara kritis, baik dalam menanggapi, memecahkan persoalan serta mampu mengaitkan antara materi pelajaran yang diajarkan dengan situasi nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keterampilan berpikir kritis siswa, sejauh mana perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa dan bagaimana respon siswa dalam penerapan strategi debat pendapat dengan tim kuis terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Plumbon tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, angket dan tes keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Plumbon, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik RANDOM sampling, yakni kelas X-4 sebagai kelas eksperimen I dan X-3 sebagai kelas eksperimen II, untuk uji analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan Uji U (Mann- Whitney). Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 (0,31) lebih besar dibandingkan hasil keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 2 (0,28),keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi debat pendapat dengan tim kuis terdapat perbedaan yang signifikan pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran debat pendapat dengan strategi tim kuis terhadap keterampilan berpikir kritis pada pokok bahasan pencemaran lingkungan termasuk kedalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:19
Last Modified: 06 Jun 2017 02:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item