PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN RETENSI SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII MTs N 2 KOTA CIREBON

IDA FARIDA, (2012) PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN RETENSI SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII MTs N 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360072_IDA FARIDA__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IDA FARIDA : Penggunaan metode diskusi kelompok berbantuan video interaktif untuk meningkatkan retensi siswa pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII MTs N 2 Kota Cirebon. Berdasarkan piramida pembelajaran, pembelajaran dibagi menjadi dua kelompok yaitu aktif dan pasif, pembelajaran aktif adalah siswa yang berpartisipasi dalam setiap proses pembelajaran, sedangkan pembelajaran pasif adalah siswa hanya menerima secara verbal dan visual sehingga hanya sedikit pengetahuan yang dapat diserap siswa. Untuk meningkatkan retensi siswa perlu dibantu dengan media pembelajaran yang memberikan pengalaman bermakna (tidak dilupakan), menggunakan media yang menggabungkan suara, gambar, teks secara bersamaan yaitu video interaktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji penggunaan metode diskusi kelompok berbantuan video interaktif dalam meningkatkan retensi siswa, (2) Untuk mengkaji peningkatan retensi siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok berbantuan video interaktif dan yang menggunakan metode diskusi kelompok tidak berbantuan video interaktif, (3) Untuk mengkaji pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok berbantuan video interaktif dalam meningkatkan retensi siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pre test-post test control group design. Tes retensi siswa diukur dengan tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, dengan sampel sebanyak dua kelas yang diambil secara Random Sampling yaitu kelas VII C (kontrol) dan VII D (eksperimen). Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok pada kegiatan observasi kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, karena kegiatan off task dapat diminimalisir, sedangkan peningkatan retensi siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok berbantuan video interaktif (71,95) lebih besar daripada yang menggunakan metode diskusi kelompok tanpa berbantuan video interaktif (63,75) dengan uji T pada taraf α = 0,05 menujukkan perbedaan yang signifikan (0,527). Pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok berbantuan video interaktif dalam meningkatkan retensi siswa pada pokok bahasan ekosistem besar. Penggunaan metode diskusi kelompok berbantuan video interaktif lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok tidak berbantuan video interaktif. ii

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:21
Last Modified: 06 Jun 2017 04:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item