HUBUNGAN TIPOLOGI KEPRIBADIAN DAN GAYA MENGAJAR DOSEN(Studi Eksperimen pada Dosen Bahasa Arab di PPBIAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Septi Gumiandari, (2011) HUBUNGAN TIPOLOGI KEPRIBADIAN DAN GAYA MENGAJAR DOSEN(Studi Eksperimen pada Dosen Bahasa Arab di PPBIAIN Syekh Nurjati Cirebon). Project Report. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon.

[img]
Preview
Text
Kepribadian dan Gaya Mengajar Dosen PBA-penelitian 2011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dosen memegang peranan yang sangat penting dalam mencapai kualitas pembelajaran yang sesungguhnya. Selain sebagai pengajar yang berperan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, seorang dosen juga dituntut untuk menguasai seperangkat kompetensi kepribadian. Dosen diharapkan dapat juga memiliki karakteristik pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Karena kepribadian seorang dosen akan menentukan bagi keberkesanan eksistensi dirinya dalam melaksanakan tugasnya.Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tipologi kepribadian dosen bahasa Arab di PBBIAIN Syekh Nurjati Cirebon, (2) Mengetahui gaya mengajar dosen bahasa di PBB IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan (3) mengatahui hubungan antara tipologi kepribadian dosen dengan gaya mengajar dosen bahasa di PBB IAIN Syekh Nurjati Cirebon?Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen bahasa Arab di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang berjumlah 37 orang. Adapun jumlah mahasiswa yangmenjadi objek untuk mendapatkan data berjumlah 40 orang, yakni 10 % dari keseluruhan jumlah mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2010-2011.Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa Dosen bahasa Arab di PBB IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki kepribadian yang sangat heterogen. Dari hasil penyebaran angket diperoleh hasil sekitar 78 % dari mereka memiliki tipe kepribadian introvert. Mereka cenderung kaku dalam menerapkan aturan dalam kelas, memiliki perangai yang kurang riang dalam proses pengajaran, kurang menggunakan humor ataupun cerita, menoton dan terfokus pada penyelesaian materi ajar, dan terkesan menjaga jarak dengan mahasiswanya, meski beberapa diantara mereka yang menyelinginya dengan permainan, namun itupun dalam waktu yang relatif kecil (22 %).Disamping itu, mereka kurang memiliki variasi dalam mengajar, baik dalam penggunaan media pembelajaran, variasi metodologi pengajaran, variasi suara dan intonasi dalam mengajar. Mayoritas mereka hanya menguasai contentmateri ajar, namun kurang inovatif, kreatif dan energik dalam melakukan eksplorasi proses belajar mengajar di dalam kelas. Dari hasil olah statistika penelitian, ditemukan adanya hubungan yang cukupsignifikan antara tipologi kepribadian dengan gaya mengajar dosen (0,68) dengan kontribusi sebesar 27 %. Dari sini dapat diinterpretaskan, bahwa salah satu hal yang menyebabkan kurangnya daya kreatifitas dan energitas dosen bahasa Arab di Pusat Bahasa dan Budaya (PBB) adalah oleh karena tipologi kepribadian mereka yang cenderung introvert.

[error in script]
Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 27 Jan 2021 03:42
Last Modified: 27 Jan 2021 03:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item View Item