PERBANDINGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII MTs NEGERI LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA

NUNUNG NURHAYATI, (2012) PERBANDINGAN STRATEGI THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII MTs NEGERI LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360075_NUNUNG NURGAYATI__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

NUNUNG NURHAYATI (58461183): Perbandingan Strategi Think Pair Share dan Make a Match dengan Menggunakan Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan di Kelas VII MTs Negeri Leuwimunding Kabupaten Majalengka Pendidikan merupakan salah satu keharusan dan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap individu, di dalam pendidikan proses belajar mengajar dan proses pembelajaran merupakan inti pendidikan yang didalamnya melibatkan guru sebagai pengajar. Tugas guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik tetapi juga harus menjadi fasilitator yang bertugas memberi kemudahan belajar kepada peserta didik. Selain itu juga guru harus dapat menggunakan teknik, metode, strategi dan media pembelajaran yang baik untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi Think Pair Share dan Make a Match dengan menggunakan media Animasi pada pembelajaran pokok bahasan Organisasi Kehidupan, 2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi Think Pair Share dan Make a Match dengan menggunakan media Animasi pada pembelajaran pokok bahasan Organisasi Kehidupan, dan 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi Think Pair Share dan Make a Match dengan menggunakan media Animasi pada pembelajaran pokok bahasan Organisasi Kehidupan. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kualitatif. Adapun desain penelitian ini menggunakan pretes dan postes design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Leuwimunding yang berjumlah 175 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu kelas VII-5 dan kelas VII-6 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) hasil analisis data diketahui kelas eksperimen 1 rata-rata awal 11,40 menjadi 20,76 dan nilai rata-rata gain sebesar 49,26. Untuk kelas eksperimen 2 rata-rata awal 12,63 menjadi 19,86 dan nilai rata-rata gain sebesar 40,46. 2) uji t menunjukkan nilai signifikan menunjukkan 0,021, karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar setelah diterapkan strategi Think Pair Share dan Make a Match dengan menggunakan media Animasi pada pembelajaran pokok bahasan Organisasi Kehidupan di kelas VII MTs Negeri Leuwimunding Kabupaten Majalengka. 3) respon siswa terhadap penerapan strategi Think Pair Share dengan menggunakan media Animasi mayoritas menjawab setuju sebesar 40,7%, sedangkan respon siswa terhadap penggunaan strategi Make a Match dengan menggunakan media Animasi mayoritas menjawab setuju sebesar 38,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dapat dilihat dari hasil nilai pretes dan postes maupun gain. Adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample Test. Respon siswa tehadap strategi Think Pair Share dan Make a Match dengan menggunakan media Animasi sangat baik. Hal ini berarti pembelajaran Think Pair Share dan Make a Match dengan menggunakan media Animasi baik untuk digunakan sebagai strategi pembelajaran di sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Strategi Think Pair Share, Make a Match, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:29
Last Modified: 06 Jun 2017 07:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item