PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER DAN ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA

REVANNY EKA MIATY, (2012) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER DAN ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360076_revanny eka miaty__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

REVANNY EKA MIATY (58461188): “Penggunaan Media Video Dokumenter Dan Adobe Captivate Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka”. Pada proses pembelajaran di dalam kelas siswa diarahkan kepada kemampuan untuk menghafal informasi, dengan mengunakan metode dan media yang tidak bervariasi. Guru di SMA Negeri 1 Rajagaluh saat ini cenderung menggunakan media visual seperti power point, torso, dan sebagainya, sehingga pembelajaran lebih bervariasi. Tetapi guru tersebut belum mengetahui media mana yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengkaji hasil belajar siswa yang menggunakan Media Video Dokumenter dan Adobe Captivate pada materi pencemaran lingkungan, untuk mengkaji perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan Media Video Dokumenter dan Adobe Captivate pada materi pencemaran lingkungan, dan untuk mengkaji respon siswa yang menggunakan Media Video Dokumenter dan Adobe Captivate pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Desain penelitiannya menggunakan pretest post test control group desain. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara Purposive Sampling, yang dijadikan sampel yaitu kelas X2 dan kelas X3 yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: 1) Kelas yang menggunakan video dokumenter dari uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikan menunjukkan 0,449, yang berarti tidak terdapat peningkatan hasil pembelajaran pada materi Pencemaran Lingkungan, sedangkan untuk kelas Adobe Captivate menunjukkan nilai signifikan menunjukkan 0,000, yang berarti terdapat peningkatan hasil pembelajaran pada materi Pencemaran Lingkungan. 2) Berdasarkan uji mann whitney diperoleh nilai Asymtop signifikansi atau Asymp.Sig (2-tailed) adalah 0,000, yang berarti terdapat perbedaaan peningkatan hasil belajar siswa antara yang menggunakan Media Video Dokumenter dengan Media Adobe Captivate pada materi Pencemaran Lingkungan. 3) Respon siswa terhadap video berdasarkan interpretasi didapatkan nilai 74,7% yang artinya terletak pada daerah kuat, untuk respon siswa Adobe Captivate dinyatakan kuat, karena berdasarkan interpretasi didapatkan nilai 80,2% yang artinya terletak pada daerah kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapatnya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan media video dokumenter dan adobe captivate, dari data yang didapat hasil belajar siswa yang menggunakan media adobe captivate hasilnya terdapat peningkatan serta respon yang baik untuk penggunaan media adobe captivate agar diterapkan dalam pembelajaran. Kata kunci : Media video dokumenter, Adobe captivate, Hasil belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:33
Last Modified: 07 Jun 2017 01:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item