PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG TINGGAL DAN YANG TIDAK TINGGAL DI PONDOK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP ITUS Jalaksana Kuningan)

YAYAH ROHLIYAH, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG TINGGAL DAN YANG TIDAK TINGGAL DI PONDOK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP ITUS Jalaksana Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh NUrjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360077_YAYAH ROHLIYAH__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

YAYAH ROHLIYAH: Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Tinggal dan yang Tidak Tinggal di Pondok Pada Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Pada Manusia (Studi Eksperimen Di Kelas Viii Smp Itus Jalaksana Kuningan) Berdasarkan studi pendahuluan di SMP ITUS Jalaksana-Kuningan, hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kondisi lingkungan tempat belajar siswa yang berbeda yaitu terdapat siswa yang tinggal di pondok (asrama) dan siswa yang tidak tinggal di pondok (rumah). Atas dasar inilah penulis terdorong untuk melakukan penelitian tentang hasil belajar siswa antara yang tinggal di pondok (asrama) dengan yang tidak tinggal di pondok (rumah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang tinggal di pondok dengan siswa yang tidak tinggal di pondok serta untuk mengetahui kondisi belajar siswa yang tinggal di pondok dengan yang tidak tinggal di pondok. Penelitian ini beracuan pada pemikiran bahwa lingkungan tempat tinggal juga menentukan keberhasilan belajar. Sebagaimana teori yang diungkapkan oleh E.P Hutabarat (1995:203) tentang lingkungan belajar bahwa lingkungan belajar adalah segala sesuatu yang berada di luar diri seseorang yang berpengaruh terhadap proses belajar atau hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen dan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif berupa penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP ITUS Jalaksana Kuningan pada tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling yakni kelas VIII C yang berjumlah 34 siswa (15 siswa yang tinggal di pondok, 19 siswa yang tidak tinggal di pondok) dan kelas VIII D yang berjumlah 33 siswa (15 siswa yang tinggal di pondok, 18 siswa yang tidak tinggal di pondok). Perlakuan terhadap subjek yang dijadikan sampel adalah memberikan pre tes (untuk mengukur kemampuan awal), kemudian dilakukan proses belajar mengajar dan selanjutnya dilakukan post tes (untuk mengetahui kemampuan akhir hasil belajar). Dari hasil perhitungan uji T, maka diperoleh nilai F yang mengansumsikan bahwa kedua varian sama adalah 0,577 dengan nilai t = 4,459 dengan derajat kebebasan (df) = n1 + n2 -2 = (30 + 37 – 2 =65). α = 0,05 diperoleh Sig. 0,000. Karena Sig. 0,000 < 0,05 dengan demikian Ha diterima, artinya “Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang tinggal di pondok dan yang tidak tinggal di pondok pada pembelajaran biologi pokok bahasan sistem pencernaan pada manusia”.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:35
Last Modified: 07 Jun 2017 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item