PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 KOTA CIREBON

Danar Rajak, and Nurwahdan, and Iwan, (2018) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 KOTA CIREBON. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1). pp. 119-136.

[img]
Preview
Text
Gaya Mengajar.pdf

Download (273kB) | Preview
Official URL: web.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermula dari permasalahan, bahwa gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon sudah baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa kelas XII yang motivasi belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan memperoleh data tentang gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam di kelas XII Sekolah Mengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, memperoleh data tentang motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, memperoleh data tentang pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon Gaya mengajar guru yang dilakukan dalam setiap proses pembelajaran akan menjadi perhatian siswanya dan menjadikan ciri atau karakter guru tersebut. Seperti guru yang sering melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga peran guru dan siswa sama-sama dominan, guru yang menciptakan pembelajaran yang bersifat dialogis akan berakibat pada motivasi belajar siswa yang dapat diindikasikan dengan sikap siswa yang bergairah, inisiatif, responsif, kesegeraan, konsentrasi, ketelitian, kemauan dan kerja keras dalam mengikuti proses pembelajaran Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan angket.Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon yang berjumlah 346.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 177. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Person Product Moment (PPM). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon lebih dominan menggunakan gaya mengajar guru teknologis dengan perolehan rata – rata 80,18 %. Motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Cirebon, Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 kota Cirebon dalam keadaan baik dengan rata-rata 70,44%.Berdasarkan nilai signifikansi : dari tabel Coefficients di peroleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel gaya mengajar guru (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y). Adapun pengaruh variabel bebas (Gaya Mengajar Guru) terhadap Variabel terikat (Motivasi Belajar Siswa) adalah sebesar 19,8 %

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:13
Last Modified: 23 Feb 2021 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/4276

Actions (login required)

View Item View Item